Kenali Akibat Dehidrasi Pada Bayi

1
303
bayi dehidrasi

Dehidrasi berdampak buruk bagi kesehatan bahkan dapat menyebabkan hilangnya kesadaran. Tidak hanya untuk orang dewasa, dehidrasi juga dapat menyerang anak-anak dan bayi. Apalagi, saat benar-benar haus, sinyal dari mereka hanya berupa tangisan. Kadang, saat bayi sedang tertidur atau asik dengan aktivitas lain dan Ayah dan Ibu sedang sibuk juga, intensitas dan waktu menyusui pun kadang berkurang.

Lalu, dehidrasi yang dapat terjadi pada bayi biasanya disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:

1. Diare

Bayi akan mengalami resiko dehidrasi yang tinggi jika sebelumnya ia mengalami diare yang terus menerus dan tidak segera anda tangani lebih lanjut. Diare akan mengakibatkan tubuh terus mengeluarkan cairan sehingga bayi akan menjadi lemas dan kehilangan sebagian cairan di tubuhnya.

2. Muntah

Muntah pada bayi dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah masuk angina dan juga mual-mual. Jika hal ini terjadi, segera tangani ya mom dan jangan sampai justru akan membuat si kecil kehilangan cairannya lebih banyak.

3. Demam

Demam merupakan kondisi bayi yang sering mengakibatkan dehidrasi. Hal ini dikarenakan penguapan air berlebih yang terjadi pada kulitnya karena suhu panas yang terjadi. Dari dalam tubuhnya. Semakin tinggi demam yang dialami bayi, maka resiko dehidrasi akan semakin besar mengintainya. Jadi, segera pantau terus ya mom ketika si kecil mengalami demam dan jangan lupa gunakan thermometer.

4. Kurang Minum

ASI yang kurang juga dapat mengakibatkan bayi terkena dehidrasi. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu kebutuhan ASI yang tidak mencukupi dari Ibu dan tidak diselingi dengan memberikan susu formula atau jarak waktu pemberian ASI yang kurang tepat. Jika ASI tak cukup untuk sang buah hati, jadi jangan terlalu dipaksakan ya, Bun!

Nah, meskipun bayi tidak menangis karena kehausan pun, Ayah dan Bunda tetap perlu peka dan selalu memonitor seberapa banyak ASI atau air susu yang telah dikonsumsi si Kecil agar mereka tetap tumbuh sehat dan tidak dehidrasi.

Jangan lupa, bagikan tulisan ini jika bermanfaat yaa.

 

 

1 COMMENT