Latih Kecerdasan Logika Anak dengan Mudah dan Praktis

0
300
kecerdasan logika

Bunda, salah satu kemampuan anak yang dapat dilatih dan dikembangkan adalah kemampuan logika atau kecerdasan logika anak. Jangan salah tafsir ya. Kecerdasan logika tidak hanya terkait dengan kecerdasan matematis dan ilmu pengetahuan anak saja.

Tapi, kecerdasan logika ini punya cakupan yang lebih luas, seperti kemampuan anak dalam menganalisasi sesuatu hingga kemampuannya dalam memecahkan masalah. Tentu kecerdasan logika ini bermanfaat untuk setiap anak ya, Bunda.

Untuk melatih kecerdasan logika anak, bisa dilakukan melakukan permainan menggunakan berbagai media. Tentu menyiapkan berbagai media tidak hanya perlu kreativitas tapi juga butuh waktu.

Nah, saat ini Bunda bisa memilih mainan edukatif yang dapat menghemat waktu untuk Bunda serta praktis digunakan yaitu SMART LOGIC.

Smart Logic dan kecerdasan logika anak

Smart Logic adalah mainan anak yang terdiri dari papan dan kartu bermain dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Mainan sangat bermanfaat untuk melatih dan mengembangkan logika anak-anak.

Berdasar tingkat kesulitan, maka Smart Logic bisa dimainkan bertahap sesuai kemampuan anak. Berikut klasifikasi tingkat usia anak berdasar warna kartu:

– Biru lebih tepat untuk usia 2 – 4 tahun dengan total 16 kartu
– Hijau lebih tepat untuk usia 4 – 6 tahun dengan total 11 kartu
– Merah lebih tepat untuk usia 6 – 8 tahun dengan total 9 kartu

Kartu berwarna biru berisi pertanyan berupa puzzle dan mencocokan gambar. Selain meningkatkan logika anak, kartu-kartu biru bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

Sedangkan kartu berwana hijau berisi pertanyaan yang berkaitan dengan geometri atau mengenal pola dan bentuk. Pada usia 4-6 tahun, kemampuan logika anak berkembang hingga 50%. Mengenalkan pola dan bentuk serta sebab-akibat dapat menajamkan kemampuan logika anak.

Lalu, kartu berwarna merah berisi pertanyaan yang berkaitan dengan logika matematika yang berisi pertanyaan perkalian angka. Ini cocok untuk usia sekolah dasar sehingga lebih menguatkan logika matematika si Kecil.

Apa kelebihan Smart Logic?

– Dirancang dengan mempertimbangkan keamanan dan psikologis anak
– Membantu meningkatkan fokus anak
– Menumbuhkan daya imajinasi anak
– Mengembangkan kemampuan kognitif dan motorik
– Meningkatkan kemampuan berbahasa
– Menambah kosakata
– Mengasah kemampuan berpikir dan logika anak
– Mengembangkan kemampuan mengidentifikasi permasalahan secara visual
– Menumbuhkan semangat dan motivasi anak untuk belajar dan bereksplorasi
– Mengembangkan kordinasi mata dan tangan
– Melatih kemandirian anak
– Menjadi sarana bermain yang menyenangkan karena mudah dimainkan
– Melatih kemampuan audio visual, dengan tampilan gambar yang warna-warni dan bersuara
– Meningkatkan kemampuan bahasa dan komunikasi anak
– Tidak mudah rusak dan tahan air