Manfaat Film Untuk Anak Usia Dini

0
591
manfaat film

Kini semua aspek kehidupan tidak lepas dari internet. Begitu pula yang terjadi pada dunia anak. Kini jarang sekali anak-anak melakukan aktivitas di luar rumah seperti main bersama teman-temannya. Anak-anak lebih menyukai bermain seharian di rumah bersama gadget. Salah satu kegiatan anak bersama gadget di rumah, yaitu menonton film kesukaan mereka di Youtube.

Sekarang ini, begitu banyak tontonan anak yang kurang memiliki nilai edukasi. Pada umumnya tontonan yang ditayangkan di televisi hanya sebagai sarana hiburan, tanpa bisa dijadikan sebagai sarana belajar untuk anak. Oleh karena itu, Ayah dan Bunda harus bisa lebih selektif dalam memilihkan tayangan yang baik bagi anak.

Salah satu pilihan tontonan keluarga

Salah satu film anak yang mengandung banyak nilai edukasinya, yaitu film animasi “Pat a Pat Como”. Pat a Pat Como merupakan sebuah film serial animasi dengan karakter utama anak ayam bernama Como. Film ini berlatar di suatu peternakan kecil bernama Bandi Farm. Dalam film terdapat empat karakter utama, yaitu Como, Wormy, Toto, Wooba.

Como adalah anak ayam yang memiliki kemampuan spesial “puk puk”, yaitu ketika menepuk tubuh temannya yang sedang sedih akan bahagia kembali. Wormy adalah seekor cacing, sahabat pertama Como yang memiliki sifat ceroboh. Toto adalah anak ayam yang berasal dari kota, lalu pindah ke Bandi Farm. Toto sangat tertarik dengan dunia pengetahuan sehingga ia suka membaca banyak buku. Wooba adalah anak itik yang tinggal di alam liar sekitar Bandi Farm. Wooba memiliki karakter yang kuat, ramah, dan baik hati.

Film sebagai sarana edukasi

Film animasi Pat a Pat Como, dapat Ayah dan Bunda jadikan sebagai sarana edukasi pada buah hati. Tema yang diangkat sangatlah sederhana seperti tolong-menolong, bekerja sama, dan persahabatan. Contohnya pada episode 3 yang berjudul “Toto Si Ayam Kota” terlihat Como dan Wormy membantu Toto merenovasi tempat tinggalnya. Alur cerita yang diberikan juga tidak rumit sehingga mudah bagi anak-anak untuk memahami isi cerita. Dengan tema dan alur serta karakter yang unik, anak-anak akan senang dan lebih mudah memahami peristiwa yang terjadi dalam film.

Pat a Pat Como memiliki visualisasi yang sangat menarik. Pada film ini, anak-anak disuguhkan dengan warna-warna yang cerah sehingga dapat menarik perhatian anak. Film Pat a Pat Como memiliki kualitas gambar yang jernih dan tidak kaku. Hal ini dapat dilihat dari desain karakter-karakter binatang dan pemandangan yang ditampilkan pada film. Semua karakter binatang, tumbuhan, dan yang lainnya didesain sederhana, unik, dan berwarna. Selain itu, ekspresi yang ditampilkan dari setiap karakter mampu membuat anak-anak ikut terbawa suasana yang ada dalam film.

Pat a Pat Como merupakan film animasi yang cocok untuk anak dengan rentang usia 1—6 tahun. Tampilannya yang penuh dengan warna akan merangsang daya visual anak untuk membantu dalam mengenal warna. Ekspresi karakter tokoh dalam film juga dapat membantu anak untuk lebih peka terhadap jenis-jenis emosi yang sangat sederhana seperti, senang, bingung, sedih, terkejut, dan semacamnya. Tidak hanya itu, Pat a Pat Como juga menyelipkan  lagu anak sehingga anak-anak dapat menonton sambil belajar dan bernyanyi. Lalu, dalam video lagu terdapat pula gerakan kecil sehingga anak diajak untuk bergerak aktif.

Berikut link Film Pat a Pat Como:

https://www.youtube.com/watch?v=iy-pxil5GDw&feature=youtu.be