Mencegah Gigi Hitam dan Karies Pada Balita

0
97
karies

Karies gigi adalah munculnya lubang pada gigi yang disebabkan oleh beberapa faktor internal dan eksternal. Bukan hanya orang dewasa yang dapat mengalaminya, bahkan balita juga lebih sering mengalaminya.

Penyebab gigi hitam dan karies pada balita

Gigi hitam dan munculnya karies disebabkan oleh bakteri yang dapat mengganggu kesehatan saraf dan gusi jika tidak segera di tangani. Nah, apakah mom sudah mengetahui apa saja penyebab munculnya Karies dan Gigi hitam pada balita? Yuk, cari tahu jawabannya:

  • Jarang Menyikat Gigi
  • Penggunan botol susu saat menyusu
  • Mengkonsumsi Susu Yang Manis sesaat sebelum tidur
  • Gigi Yang Kurang Kuat
  • Penggunaan Obat-obatan dan vitamin tertentu
  • Seringnya Mengkonsumsi Permen Dan Coklat
  • Pemberian Susu Formula Dalam jangka Waktu Yang Cukup Panjang
Cara mencegah gigi hitam dan karies pada balita

Beberapa hal di atas tentunya dapat kita hindari jika kita sebagai orang tua dapat mencegahnya sejak dini ya mom, dan terus perhatikan buah hati anda. Berikut beberapa tips mencegah gigi hitam dan karies pada buah hati:

1. Hindari konsumsi permen dan coklat

Permen dan coklat merupakan salah satu makanan yang paling digemari hampir setiap anak-anak. Tetapi, makanan manis ini ternyata dapat berakibat buruk jika dikonsumsi secara terus-menerus karena bahan dasar gula yang yang akan menempel pada sela-sela gigi dan merusak lapisan enamel gigi. Jadi, usahakan untuk kurangi konsumsi kedua makanan ini ya Bun. Jika memang sesekali si buah hati merengek untuk memakannya, biarkan ia mengkonsumsinya dengan syarat segera mengajak menyikat gigi setelahnya.

2. Hindari makan/minum sebelum tidur

Gigi dapat rusak akibat penggunaan botol yang terlalu lama sesaat ia sebelum tidur. Bisa saja karena pemberian susu formula, yang membuat si kecil terus membawa botol dan meminumnya hingga tertidur. Kondisi ini akan mengakibatkan susu akan menempel terlalu lama pada lapisan gigi sehingga membuat gigi menjadi rusak.

3. Membawanya rajin mengontrol gigi

Memeriksakan dan mengontrol gigi sangat diperlukan bahkan ketika si kecil masih memasuki usia balita ya Bun, hal ini sangat berguna di saat gigi susu si Kecil mulai tumbuh. Cobalah untuk mengajak sang buah hati berkunjung ke dokter gigi setidaknya sekali dalam waktu enam bulan.

4. Dampingi anak ketika menyikat gigi

Hal yang selanjutnya dapat dilakukan adalah terus mengawasi anak-anak kita saat menyikat giginya. Gunakan pasta gigi yang minim ketika usianya masih di bawah lima tahun, dan jangan sampai ia menelan air untuk kumur-kumurnya.

Cara mengatasi gigi hitam dan karies

Nah, bagaimana jika itu semua sudah terlanjur ya, Bun? Jika sang buah hati justru sudah mengalami gigi hitam dan karies? Apa yang seharusnya dapat kita lakukan?

1. Mengelapnya dengan kain kassa

Jika Gigi anak sudah terlanjur menghitam, cobalah untuk rajin menggosoknya menggunakan kassa dan air hangat di sekitar giginya. Jika sulit melakukannya cobalah secara rutin di saat buah hati sedang terlelap.

2. Konsultasikan dengan dokter gigi

Biasanya dokter tidak akan merekomendasikan untuk mencabut gigi karies pada anak, di saat usia belum mencapai 7 tahun. Tetapi hal ini tentu dapat didiskusikan lagi dengan sang dokter. Jangan sampai kita terlambat menyadari ketika gigi sang buah hati sudah terlanjur rusak ya, Bun.