Menghafal Al Qur’an Sejak Dini

0
334
alquran

Assalamualaikum ayah bunda yang dirahmati Allah SWT,

Sejak usia berapakah anak-anak diajari menghafal Al Qur’an?

Apakah ketika berusia 7 tahun? Atau ketika dia sudah bisa berbicara?

Sebenarnya, menanamkan Al-quran pada anak sejak mereka masih dalam kandungan. Seorang ibu yang mengandung harus senantiasa melantunkan ayat-ayat Al-qur’an. Selain karena Al-qur’an adalah pedoman hidup, membacanya tentu akan mendapat pahala dan tanpa kita sadari, calon bayi yang ada dalam kandungan ikut mendengarkan lantunan demi lantunan setiap harinya.

Pada dasarnya, anak-anak mempunyai daya ingat yang kuat dan kemampuan menangkap sesuatu yang cepat. Apalagi, jika didengarkan setiap hari. InsyaAllah akan sangat mudah bagi mereka mengingat kembali apa yang pernah mereka dengar.

Sesuatu yang didengar berulang-ulang akan cepat melekat pada ingatan. Misalnya, lagu yang sering kita dengar akan cepat kita hafal walaupun kita tidak berniat menghafalnya. Begitupun dengan lantunan Al-qur’an.

Setiap hari kita lantunkan dari anak kita masih dalam kandungan sampai mereka lahir dan terus lakukan hingga mereka bisa mengucapkan apa yang mereka dengar dari lantunan kita.

Memang tidak mudah untuk melakukannya. Anak-anak yang sudah bisa bicara juga tidak otomatis langsung hafal 30 juz. Akan tetapi, ketika kita membiasakan mereka untuk mendengarkan lantunan Al-qur’an sejak kecil, maka akan mudah bagi mereka untuk mengingat kembali bacaan tersebut.

Jangan menyerah.