Model Orangtua dalam Mendidik Anak

0
126
mendidik anak

Ada banyak sekali metode yang baik dan benar dalam mendidik anak. Masing-masing orangtua tentu memiliki metodenya sendiri. Namun, setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Terkadang tanpa sengaja orangtua berbuat hal menyimpang yang justru membuat mental anak tertekan.

Tentu saja ini bukan cara yang tepat untuk tumbuh kembangnya. Mendidik anak sama seperti menyiram bunga sejak kecil. Jika orangtua menyiramnya dengan baik, kelak akan berbunga mekar dengan cantik. Namun, sebaliknya jika Anda tidak merawatnya dengan baik, bisa saja tanaman tersebut busuk sebelum berbunga.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk terus mengembangkan pengetahuan parenting orangtua guna meningkatkan pengetahuan dalam mendidik anak. Ini akan sangat bermanfaat untuk orangtua ketika menghadapi anak-anak kita yang sedang tumbuh. Apa yang kita lakukan sekarang akan berdampak pada anak Anda ketika mereka dewasa nanti.

Berikut ini ada beberapa model atau metode orangtua dalam mendidik anak dengan benar:

1. Orangtua Sebagai Contoh Teladan Sang Anak

Sebagai orangtua, kita adalah orang pertama yang akan mengajarkan semua hal di dunia ini. Jadi di masa-masa ini orangtua memiliki peranan yang sangat penting. Anda yang akan menentukan bagaimana anak Anda nantinya.

Jika Anda ingin mencetak anak yang rajin, jujur, dan senang beribadah. Anda harus terlebih dahulu memberikan contoh padanya. Bagaimana dia bisa menjadi seorang yang rajin, jujur, dan gemar beribadah jika orangtua sendiri sebagai contoh teladannya tidak melakukan itu semua.

Jadi ingatlah, lingkungan rumah dan orangtua adalah contoh teladan bagi anak-anak.

2. Selalu Mengajarkan Hal Baik dari Kecil

Banyak hal baik yang harus kita ajarkan pada anak di dunia ini. Kebaikan kecil tapi diberikan pada waktu yang tepat akan menjadi sangat bermanfaat. Contohnya, Anda bisa mengajak anak untuk berbagi nasi dengan orang yang kelaparan. Tentu saja ini akan sangat bermanfaat bagi orang tersebut. Meski hanya sebungkus nasi, ini sudah mengajarkan anak-anak untuk melakukan kebaikan.

3. Mengajarkan Hal Baik dengan Cara Menceritakan Sebuah Kisah

Terkadang ada beberapa tipe anak yang lebih mudah menerima informasi baru dengan mendengarkan cerita. Jadi, ini adalah tantangan untuk orangtua agar mengenali tipe anak, gaya belajarnya, dan juga memilih metode apa yang cocok untuk mereka.

Ayah dan Bunda bisa membeli beberapa buku teladan atau buku kisah nabi yang mengajarkan kebaikan dalam hidup. Ini akan memudahkan kita dalam menyampaikan pesan kebaikan dan membuat anak Anda semakin antusias mendengarkannya.

4. Mendidik Anak dengan Cara Mengambil Hikmah di Setiap Kejadian

Dalam kehidupan sehari-hari tentu ada waktu di mana anak Anda merasa sedih, kecewa, sakit, dan banyak lagi. Inilah waktu yang tepat untuk Anda mengajarkan arti kehidupan sebenarnya. Anda bisa meminta anak Anda untuk mengambil hikmah di balik kejadian tersebut. Ini akan mengajarkan anak Anda untuk lebih sabar,ikhlas, dan tabah dengan segala ketentuanNYA.

5. Memberikan hadiah dan juga hukuman

Hadiah sangat menarik bagi anak-anak. Namun jangan pernah menjanjikan pada anak akan memberinya hadiah di setiap dia berbuat baik. Orangtua bisa memberikannya sesekali, ini untuk menghindari sifat tidak ikhlas.

Selain itu, saat anak berbuat tidak baik orangtua bisa memberinya hukuman yang mendidik. Asalkan tidak menyakiti fisiknya. Ini untuk mengajarkan dia agar tidak mengulangi perbuatannya.

Mendidik anak adalah hal yang mulia, ini salah satu kewajiban kita sebagai orangtua. Lakukan dengan ikhlas maka kelak kita akan menuai hasil untuk setiap usaha.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa pantau artikel yang selanjutnya ya, akan ada banyak informasi penting lainnya.

Source image  https://i.pinimg.com/originals/a2/80/94/a280945cf467f54b314fa6a0fd6b9444.jpg