Perlengkapan Wajib Untuk Bayi Yang Ingin Diajak Mudik

0
38
mudik

Mendekati Lebaran pasti banyak orang pulang ke kampung halamannya. Budaya mudik banyak dilakukan masyarakat Indonesia untuk menyambung tali silaturahmi. Biasanya dilakukan bersama keluarga atau sendirian. Bagi para wanita yang telah berumah tangga dan memiliki anak akan disibukkan dengan mengemas barang-barang.

Biasanya para ibu-ibu akan membawa koper yang praktis dan tidak berat. Bagaimana jika anda seorang ibu muda yang memiliki si kecil. Anda akan memiliki tugas tambahan membawa perlengkapan bayi. Sebaiknya, menyiapkan perlengkapan tersebut sejak jauh hari, supaya tidak tertinggal dan nyaman untuk perjalanan buah hati.

Perlengkapan bayi tidak dapat dianggap sepele, bahkan bayi yang belum berusia satu tahun. Ada berbagai barang-barang yang tidak boleh dilupakan seperti popok, persediaan susu, dan obat-obatan. Bagi para ibu muda simak ulasan perlengkapan wajib untuk bayi yang ingin diajak mudik berikut ini.

1. Pakaian Bayi

Persediaan pakaian bersih bayi adalah hal paling penting. Apalagi jika anda membawa mudik bayi berusia 3 sampai 6 bulan. Beragam jenis pakaian dan perlengkapan yang dibawa seperti baju tidur, baju jalan, handuk bayi, kaus kaki, dan kain bedong. Selain itu, jangan sampai lupa membawa celemek, topi bayi, kain lap, dan sepatu bayi. Hal ini jangan sampai ada yang ketinggalan.

Anda para ibu juga wajib memperkirakan berapa lama waktu perjalan hingga ke kampung halaman. Sebab, ini berpengaruh dengan jumlah pakaian yang digunakan saat diperjalanan.  Sangat sulit menemukan fasilitas pencucian baju cepat atau mesin cuci saat dijalan.

2. Perlengkapan Mandi

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan mandi, karena kulit bayi dibawah usia 1 tahun sangat sensitif dan rentan. Bahkan shampo dan sabun mandi yang digunakan harus khusus produk bayi.

Sebaiknya anda memilih sabun dan shampo khusus bayi dengan penyimpanan 2in1. Selain menghemat biaya juga tempat penyimpanannya.  Perlengkapan wajib lainnya yang digunakan setelah mandi seperti minyak telon, krim bayi, cotton but, dan bedak.

3. Makanan Bayi

Jika bayi anda berusia dibawah enam bulan, anda tidak perlu cemas karena biasanya hanya mengkonsumsi susu formula atau ASI. Sehingga, anda cukup membawa susu formula dan termos berisi air panas.

Akan tetapi jika bayi anda sudah lebih dari 1 tahun maka harus menyediakan stok makanan. Anda dapat membawa bubur instan, tempat makanan yang higienis, atau biskuit bayi. Jika kamu ingin bayi lebih sehat, maka makanan dapat dibuat sendiri dari beras putih organik, sayur-sayuran, dan lainnya.

4. Peralatan Makan

Jika anda membawa makanan maka wajib pula membawa peralatan makannya. Alat makan bayi sangat berbeda ukurannya dengan orang dewasa. Seperti sendok, piring, mangkoknya sangat berbeda ukuran.

Selain itu, jangan lupa membawa cairan pencuci peralatan makan khusus bayi. Semua peralatan tersebut harus terjaga kualitasnya. Mulai dari botol minum, sendok, hingga sponsnya juga khusus untuk bayi.

5. Obat-obatan

Saat dalam perjalanan mudik tentu saja kesehatan bayi akan teruji. Baik itu karena faktor cuaca atau lingkungan yang kurang bersahabat sehingga menimbulkan penyakit. Oleh sebab itu, anda jangan sampai lupa membawa obat-obatan dalam koper.

Obat-obatan ini sebagai persediaan karena belum pasti dapat menemukan toko obat bayi saat dalam perjalanan. Benda wajib lainnya yang berhubungan dengan kesehatan adalah stiker kompres demam, balsam bayi, dan sebagainya.

6. Perlengkapan Lain

Setelah semua perlengkapan diatas telah dipersiapkan, ternyata ada beberapa perlengkapan lain. Untuk menghilangkan rasa bosan bayi saat berada diatas kendaraan maka bawalah mainan untuk menghibur mereka.

Disamping itu, bawa juga tisu basah, tisu, kapas dan kantong kresek. Membawa kantong kresek sangat berguna karena dapat digunakan sebagai wadah popok kotor atau sisa makanan.

Dari enam perlengkapan wajib untuk bayi yang ingin diajak mudik tersebut jangan sampai ada yang terlewatkan. Anda wajib melakukan pengecekan barang bawaan sebelum memulai perjalanan mudik. Selamat berlibur dan semoga perjalanan lancar hingga ke tujuan.