Pertimbangan Apa Saja Saat Mengajak Anak Balita Ikut Sholat di Masjid

0
197
anak sholat di masjid
Sumber gambar: konsultasisyariah.com

Sampai sekarang sebenarnya masih ada banyak pro dan kontra tentang masalah membawa anak balita ke dalam masjid atau mushola. Sebagian menganggap hal ini dilarang karena anak balita belum bisa membedakan baik dan juga benar. Selain itu dikhawatirkan juga mereka buang air kecil disembarang tempat hingga membuat seisi masjid terkena najis.

Namun di sisi lain, anak kecil yang diajak ke masjid tentu akan memiliki akhlak yang baik karena apa yang mereka lihat dan mereka dengar akan mempengaruhi semua tindakannya di masa depan. Jika Anda sering mengajak anak ke masjid tentu ini adalah hal yang baik dan dianjurkan oleh Rasululloh. Terlebih lagi saat bulan Ramadhan tiba, melaksanakan sholat lima waktu di masjid adalah salah satu cara Anda untuk menumbuhkan kebiasaan baik anak-anak selama Ramadhan.

Berikut ini beberapa pertimbangan untuk mengajak anak sholat di masjid :

1. Membuat Anak Mengerti Kewajiban Sholat dan Terbiasa Melaksanakannya

Mengajarkan sholat saat masih kecil atau balita adalah waktu yang sangat tepat. Ini akan membuat anak Anda semakin mengerti tentang kewajibannya dan membuatnya terbiasa untuk melaksanakan sholat lima waktu tanpa ada rasa terpaksa.

Banyak anak remaja yang jauh dari sholat dan mengaji, ini karena kurangnya didikan agama saat dia masih kecil. Tentu ada penyebab pasti hal tersebut. Salah satunya orangtua jarang mengajarkan kewajiban sholat dan tidak bisa memberikan contoh yang baik untuk anak saat mereka masih kecil.

2. Memberikan Anak Kesempatan untuk Bersosialisasi

Saat sholat di masjid tentu menjadi waktu yang tepat untuk mengajarkan anak cara bersosialisasi. Meskipun sebenarnya bersosialisasi tidak harus dilakukan di masjid saja. Namun bisa dilakukan di mana saja.

Jika anak Anda sering diajak ke masjid tentu lama kelamaan dia akan memiliki banyak teman baik.

3. Mengajarkan Sikap Berbagi dengan Sesama

Saat Anda mengajak anak ke masjid, jangan lupa untuk menyiapkan uang kecil, karena biasanya ada kotak amal yang berada di luar masjid. Anda bisa mengajarkan si kecil untuk berbagi dengan sesama atau bersedekah melalui kotak amal tersebut.

Ini akan menghindarkan dari sifat pelit atau tidak mau berbagi. Jika anak balita sering diajarkan berbagi, saat dewasa nanti dia akan berbesar hati saat harus bersedekah untuk orang yang lebih membutuhkan.

4. Mengajarkan Kebersihan

Jika anak Anda masih balita terkadang mereka masih membutuhkan pampers untuk menampung air kecilnya. Agar anak bisa lebih menjaga kebersihan Anda bisa meminta anak balita Anda menggunakannya selama di lingkungan masjid agar air kecil dan air besarnya tidak berceceran di sembarang tempat.

5. Mengajarkan Si Kecil Bersikap Baik di Depan Semua Orang

Anak Anda tentu mengerti jika Anda memintanya secara baik. Coba Anda katakan padanya untuk bersikap baik dan tidak membuat keributan selama sholat didirikan. Anda bisa mengajarkan anak Anda untuk bersabar menunggu selesainya sholat tersebut.

Bukan hal buruk jika anak Anda menangis di pertengahan saat Anda sholat, namun Anda sebagai orangtua sebaiknya segera menenangkan anak agar sholat orang lain tidak ikut terganggu.

Mengajarkan anak berpuasa adalah hal wajib yang orangtua lakukan. Ini akan menjadi bekal mereka nantinya untuk bisa membiasakan diri menjalankan kewajiban yang sudah seharusnya mereka jalani.

Semoga bermanfaat, dan selamat menjalankan ibadah puasa untuk Anda semua. Terima kasih, jangan lupa pantau artikel yang selanjutnya ya, akan ada banyak informasi penting lainnya.