RESOLUSI 2018: Fathan Goes To 2 Years Old

1
987

Assalamualaikum Bunda…
Tidak terasa kita sudah memasuki tahun yang baru

Assalamualaikum 2018 ???

Di tahun yang baru tentunya kita harus mempunyai semangat yang baru, resolusi baru atau mungkin hal-hal atau rencana-rencana yang tertunda di tahun lalu yang ingin diwujudkan di tahun ini.

Membuat to do list itu penting loh supaya kita tidak lalai atau lupa.
agar tidak menyesal karna melewatkan hal hal penting yang sebenarnya bisa kita usahakan ?

Sekedar sharing anakku sudah berusia 16 bulan dan sebentar lagi tidak terasa sudah mau 2 tahun. Yaap time flies tidak terasa ya, nak ?
Di tahun ini aku rasa perlu banget bikin resolusi ku

Yaey here we go…

1. Toilet Training

Toilet training ini mungkin adalah hal yang paling menguras sabar para ibu karna di fase ini kita harus mengajarkan anak dengan penih sabar dan proses nya juga tidak mudah.
Toilet training ini bisa di mulai ketika anak umur 18 bulan.

Dan alasanku memulai dari 16 bulan karena menurutku anak juga sangat butuh berproses.

?Trik yang aku lakukan saat ini bertahap, yaitu
?Bunda bisa memulai dengan melepas diapers pada siang hari tetapi ketika tidur siang aku memilih pake diapers. Jangan lupa sebelum dan bangun tidur di ajak pipis dulu ya.
?setiap 2 jam sekali di ajak ke kamar mandi untuk pipis gunanya biar anak mengerti kalau mau pipis itu di kamar mandi.
?selalu bertanya apa mau pipis atau tidak,ajarkan anak bila ingin pipis harus bilang (nah ini fase yang bikin sabar extra juga harus bawel terus sampai anak mengerti dan kebetulan fathan belum bisa bicara jadi super extra ngajarin nya tapi ga boleh diomelin ya nanti anak trauma).

Saat ini aku masih menerapkan hal hal di atas sampai anak ku mengerti jika mau pipis harus bilang dan kalau pupp jika terlihat mengejan langsung di bawa kamar mandi

2. Self feeding

Belajar makan sendiri. Memang, saat ini ia belum mahir memegang sendok. Aku mulai dengan membeli sendok dan mangkuk yang menarik agar ia termotivasi. Sesekali dia hanya pegang sendoknya, kadang mulai belajar menyuap ehh belom sampai mulut udah tumpah makanan nya, seringnya sendok nya ditaruh dan makan pakai tangan. Paling sering sendoknya dikasih mama minta disuapin hehe. Its oke nak kita berproses ya ?

3. Berdoa

Mengajarkan anak berdoa adalah hal kecil yang bisa memudahkan pemahamannya dalam hal agama. Aku selalu berusaha mencontohkan berdoa ketika sebelum makan atau sebelum tidur sambil mengangkat kedua tangan. Begitu pun ketika mau sholat terkadang aku sambil berkata “tan mama sholat dulu ya. Yuk, sholat yuk.”

Alhamdulillah dia mulai mengerti ketika aku bilang bismillah ia mengangkat kedua tangannya sambil ngoceh bahasa bayi “German”-nya itu hehe. Yaa Allah, semoga kamu cepat bisa bicara ya nak. Aamiin ?

Tujuanku adalah ingin menanamkan agama kepada ia sejak dini.

4. Belajar Berbicara

Aku ini termasuk pendiam dan ketika punya anak aku harus belajar lebih cerewet ini susah, asli buat orang kaya aku. Jadi aku selalu mencari objek hal hal yang bisa aku bicarakan sama anak aku.
? Beli flash card
? Tempel gambar hewan atau buah di dinding
?Mainan yang bersuara
?Membacakan cerita

Saat ini objek mainan itulah yang aku jadikan media berkomunikasi dan aku selalu bercerita apa yang sedang aku lakukan ketika masak ya aku bilang “tan mama lagi masak loh ini masak ikan hmm enak nyam nyam”

Berusaha mendapat pandangan matanya ketika berbicara atau mengajarkan dia kata-kata. Namun, jangan paksa bila ia kelihatan bosan. Atau tidak mood.

Itulah resolusiku. Semangaaat terus untuk diriku.

Mama, Ibu, Bunda, Ummi
Apapun sebutannya kalian adalah guru pertama anak anak.
Semoga bermanfaat ?