Seberapa Pentingkah Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini

0
437
pendidikan karakter

Ayah dan Bunda tentu sering sekali mendangar bahwa anak-anak perlu pendidikan karakter atau pendidikan karakter itu cukup penting untuk dilakukan. Mengapa dan seberapa penting pendidikan karakter ini untuk anak?

Pendidikan karkater bertujuan untuk membentuk karakter anak. Ini diyakini tidak hanya mendorong perilaku positif anak, tapi lebih dari itu. Pendidikan karakter ternyata juga dapat meningkatkan kualitas kognitifnya. Namun, pendidikan karakter ini perlu peran penting antara orangtua, keluarga dekat, masyarakat,dan juga pemerintah.

Membentuk karakter anak perlu dilakukan sejak dini. Agar ketika tumbuh dewasa, anak-anak telah menjadi seseorang yang punya karakter yang kuat. Ketika mereka semakin banyak waktu berinteraksi dengan lingkungan, maka anak tak akan terpengaruh dengan perilku negatif yang mereka terima.

Karakter dalam diri anak mampu menjadi benteng bagi anak ketika mereka menerima  dampak negatif yang ada disekitar anak bahkan saat menerima kegagalan. Tanpa karakter yang kuat, anak bisa terjerumus pada hal negatif bahkan putus asa dalam menjalani hidupnya.

Nilai penting yang harus ada untuk membentuk karakter anak

Karakter yang baik dan positif tidak hanya menitikberatkan pada diri anak tapi justru perlu untuk menghubungkan 3 aspek penting dalam diri anak yakni dirinya sendiri, orang lain, serta lingkungan masyarakat secara luas.

Beberapa nilai yang penting untuk ditanamkan dalam diri anak antara lain:

– Berakhaq/religius
– Disiplin
– Mandiri
– Ulet
– Berani
– Adaptif
– Memiliki rasa ingin tahu
– Menghargai
– Bersahabat
– Gemar membaca
– Peduli lingkungan
– Berjiwa sosial
– Tanggung jawab

3 hal penting dalam menerapkan pendidikan karakter pada anak
  1. Knowing the good, anak tidak hanya sekedar tahu tentang hal-hal baik, tetapi mereka juga diajarkan untuk memahami mengapa hal tersebut baik dan perlu dilakukan.
  2. Feeling the good, perlu untuk menumbuhkan rasa cinta anak untuk melakukan hal-hal baik dan dilatih untuk merasakan efek dari hal baik yang dilakukannya.
  3. Acting the good, anak dilatih dan dibiasakan untuk berbuat baik dengan orangtua sebagai teladan yang baik bagi mereka.

Tonton video berikut ini sebagai renungan bagi orangtua: Klik Di sini