Si Kecil Sudah 6 Bulan? Kenali Tanda-Tanda Bayi Siap MPASI

1
3528

Bagi Bunda yang merencanakan ASI eksklusif untuk si Kecil, tentu usia 6 bulan menjadi waktu yang dinanti-nanti. Antara perasaan bahagia karena berhasil memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan untuk bayi dan juga bersemangat menyiapkan makanan pendamping ASI. Tak hanya semangat, kadang Bunda juga khawatir saat si Kecil akan mendapatkan MPASI.

Tak jarang timbul pertanyaan dalam benak Bunda apakah si Kecil akan tercukupi nutrisinya dengan MPASI? Apakah si Kecil akan dengan mudah menerima makanan-makanan pendamping yang Bunda siapkan? Pertanyaan yang tak kalah penting seperti apakah si Kecil sudah siap menerima makanan pendamping tentu juga sering mengusik Bunda.

Bunda, usia yang disarankan oleh para pakar termasuk American Pediatric Association (AAP) untuk memberikan MPASI saat anak telah menginjak usia 6 bulan. Namun, Bunda perlu mengenali tanda-tanda lainnya apakah anak sudah siap menerima MPASI atau belum meskipun sudah 6 bulan. Sehingga Bunda tak perlu memaksakan atau khawatir ketika si Kecil memuntahkan makanannya atau tak tertarik dengan makanan atau bahkan ogah-ogahan makan.

Tanda si Kecil siap MPASI

1. Si Kecil mampu duduk sendiri

Ketika tubuh bayi sudah mampu menyangga kepala dnegan cukup kuat, ini merupakan salah sayu tanda baha mereka siap MPASI.

2. Sudah bisa menelan secara perlahan

Secara naluri, bayi akan menelan perlahan dari makanan yang telah masuk ke mulutnya. Jika bayi mengeluarkan makanannya kembali tanpa ada yang ditelan, berarti ia belum siap untuk menerima makanan pendamping.

3. Koordinasi antara mata, tangan, dan mulut sudah baik

Ini dapat Bunda lihat ketika si Kecil mampu menjangkau makanan dan memasukannya ke dalam mulutnya.

4. Tertarik dengan makanan

Ketika Bunda atau yang lain sedang makan di depan Si Kecil, ia mulai memperlihatkan ketertarikan pada makanan yang kita konsumsi.

5. Buka mulut lebar-lebar jika sendok didekatkan

Si Kecil akan membuka mulutnya lebar-lebar ketika didekatkan dengan sendok merupakan salah satu tanda ia siap MPASI.

6. Berat badan 2x lipat dari berat lahir

Biasanya ketika si Kecil memiliki berat badan telah mencapai 2 kali lipat dari berat lahirnya, ini bisa menjadi indikasi ia telah siap untuk makanan pendamping selain dari pemberian ASI.

Nah, jika si Kecil belum menunjukan ia siap menerima MP-ASI saat ia telah berusia 6 bulan, Bunda tak perlu khawatir. Secara perlahan, kenalkan si Kecil dengan makanan tanpa Bunda merasa khawatir terhadap nutrisinya. Yang perlu Bunda perhatikan adalah asupan ASI tetap konsisten sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak ya.