Tanda, Penyebab, dan Pencegahan ISPA Pada Anak

0
55
ispa

ISPA Kepanjanga dari Infeksi Saluran Pernafasan Akut. Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak dan lansia. Sesuai dengan namanya, ispa merupakan penyakit berbahaya yang menyerang saluran pernafasan mulai dari hidung hingga ke paru-paru. Penyakit ini juga disebabkan oleh virus yang trenyata mudah sekali menular kepada siapa pun.

Sebagai orang tua yang  harus melindungi buah hati, anda harus mengetahui beberapa tanda, penyebab dan pencegahan Penyakit ISPA untuk menghindari penyakit berbahaya ini. Sebelum terlambat.

Saluran nafas terdiri dari hidung menuju tenggorokan dan paru-paru, sebelum melewati paru-paru terdapat dua cabang yaitu bronkhus dan trakea, ISPA hanya menginfeksi  saluran pernafasan sebatas tenggorokan saja dan tidak mencapai bronkhus. Tetapi, jika di biarkan ISPA akan menjadi infeksi akut pada bronkhus yang sering disebut Bronkhitis. Bronkhitis merupakan penyakit mematikan yang biasanya meyerang para perokok aktif, serta pasif yang mengakibatkan berlebihnya produksi lendir dalam paru-paru dan iritasi nya saluran pernafasan.

Gejala Penyakit ISPA
  • Demam
  • Batuk
  • Bersin
  • Hidung Tersumbat
  • Kesulitan bernafas
  • Jika dalam tahapan serius akan mengakibatkan sesak nafas yang berkepanjangan.
  • Sakit Tenggorokan
  • Menggigil
  • Mual, Muntah
Penyebab Penyakit ISPA

Berbagai penularan penyakit ini bisa terjadi, terutama ketika anak anda memiliki fisik yang lemah. Hal- hal lainnya yang dapat menyebabkan penyakit ISPA adalah:

  • Melalui percikan air liur saat bersin dan batuk
  • Udara yang lembab
  • Jika anda menyentuh hidung atau mulut penderita ISPA, resiko terkena penyakit ini juga lebih besar.
  • Lingkungan udara yang kurang sehat.

ISPA disebabkan oleh virus Rhinoviru, Choronavirus, dan ParaInfluenza virus. Penyakit ini akan menjadi sangat berbahaya jika menyerang bayi yang berusia di bawah satu tahun, karena akan mengakibatkan Pneumonia.

Pengobatan ISPA

Asap rokok biasanya menjadi faktor utama yang menyebabkan seorang bayi atau anak terkena ISPA. Hal ini dikarenakan udara yang sesak dan tidak sehat yang dihirupnya menjadi kotoran atau flek pada paru-parunya. Beberapa cara mengobati Penyakit ISPA untuk anak-anak diantaranya:

  1. Memberikan Obat Flu / pilek apada anak.
  2. Memberinya oksigen/ cairan intarvena saat gejala ISPA semakin memburuk.
  3. Inhalasi Uap dan membantunya lewat mesin pernafasan pada anak.
  4. Obat tetes hidung yang dijual di apotek terdekat.
  5. Konsumsi banyak air putih.
  6. Untuk anak-anak berikan obat penurun panas seperti Paracetamol atau Ibuprofen.
  7. Banyak istirahat di rumah
  8. Hindari paparan asap rokok atau hindari langsung orang yang merokok.
Pencegahan ISPA

Penyakit ISPA tentu berbahaya terutama jika diderita oleh bayi dan anak-anak karena akan mengakibatkan infeksi akut pada paru-paru dan gangguan pernnafasan akut. Beberapa cara pencegahan yang dapat kita lakukan agar buah hati terhindar dari ISPA diantaranya adalah:

  1. Jaga Lingkungan Kebersihan di tempat tinggal anda dan hindari asap rokok. Jika ada seorang yang merokok, usahakan untuk menjauhinya.
  2. Hindari bersentuhan tangan atau muka dengan penderita ISPA atau flu.
  3. Hindari mencium atau menggendong si kecil setelah merokok/ usahakan mengganti pakaian dan menggosok gigi terlebih dahulu.
  4. Cucilah tangan sebelum memutuskan untuk menggendong bayi atau balita anda.
  5. Di saat batuk dan bersin, gunakan lah sapu tangan agar terhindar dari tersebarnya virus pada orang lain.
  6. Lakukan vaksinasi MMR, dan influenza.
  7. Perbanyak konsumsi makanan sehat berupa sayur dan buah-buahan yang mengandung Vitamin C.

Beberapa tanda, penyebab dan pencegahan penyakit ISPA ini tentunya harus kita sadari sejak dini dan cobalah untuk menerapkah hidup sehat di sekitar lingkungan anda.