Jangan Abaikan! Tanda-tanda Dehidrasi Pada Bayi

1
346

Dehidrasi merupakan kondisi seseorang mengalami kekurangan cairan di dalam tubuh yang dapat membuat tubuh menjadi lemah dan tentu saja berakibat fatal jika tidak di tangani. Bukan hanya orang dewasa yang dapat mengalami dehidrasi, bahkan anak-anak dan bayi sekalipun dapat mengalaminya.

Tanda- tanda Bayi Mengalami Dehidrasi

Sebagai orang tua apakah anda sudah mengetahui jika hal ini terjadi kepada bayi anda dan bagaimana   tanda-tanda yang ditimbulkannya ketika bayi anda mengalami dehidrasi? Berikut tanda-tanda nya:

1. Air Seni Yang Lebih Sedikit

Salah satu tanda yang dapat mom ketahui adalah berkurang nya air seni yang dikeluarkan oleh bayi. Hal inilah yang membuat lebih sedikitnya popok basah daripada biasanya. Jika hal ini terjadi selama lebih dari 8 jam, bayi anda tidak mengeluarkan satu popok sah pun maka anda harus segera membawanya ke dokter. Air seni yang berwarna gelap dan berbau lebih menyengat juga merupakan tanda- tanda lainnya ketika seorang bayi mengalami dehidrasi.

2. Lemas dan Kurang Aktif

Bayi biasanya akan terlihat sangat aktif dan terus menggerakkan tubuhnya kesana kemari meskipun hanya diletakkan di atas tempat tidurnya. Tetapi bayi yang mengalami dehidrasi cenderung terlihat lebih lemas dari biasanya dan menjadi sering sekali tertidur. Jika anda menemukan bayi anda dalam keadaan demikian, hal ini merupakan salah satu tanda-tanda dehidrasi berat, dan anda harus membawanya segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

3. Tidak Mengeluarkan Air Mata Saat Menangis

Bayi yang mengalami dehidrasi berat, baiasanya akan mengalami tanda yaitu tidak mengeluarkan air mata saat menangis. Hal ini dikarenakan produksi cairan di dalam tubuh yang berkurang sehingga menyebabkannya tidak mengeluarkan air mata sedikit pun.

4. Mata Yang Tampak Lebih Cekung

Menurut NYU Langone Medical Center, saat bayi mengalami dehdirasi. Mata dan ubun-ubunnya akan terlihat lebih cekung. Jika anda melihat tanda tanda seperti ini, segera membawanya ke dokter spesialis anak dan jika dehidrasi sudah menunjukkan dehidrasi yang cukup berat, maka memerlukan perawatan medis.

1 COMMENT