Tips Agar Anak Mudah Menghafal Surah-Surah Pendek (Juz 30)

2
929
anak mudah menghafal

Seabagai orang tua, anak adalah tanggung jawab yang Allah SWT titipkan kepada kita untuk di didik dan di bimbing dengan cara yang benar dan sesuai dengan syariat Agama Islam tentunya, terutama untuk seorang ibu yang merupakan madrasah pertama untuk putra dan putrinya di rumah.

Pendidikan Agama perlu di tanamkan sejak dini untuk anak, terutama di masa balita nya yang akan terus ia bawa sampai dewasa. Anda dapat memulainya dengan ikut serta m\engajaknya sholat dan belajar mengaji dan mengenaklan huruf hijaiyah, dan juga mengajarkannya untuk menghafal surat-surat pendek ( Juz 30 ). Tetapi bagaimanakah untuk memulai nya? Lewat artikel ini kita akan membahas beberapa tips yang mungkin saja dapat anda coba dan terapkan untuk mengajarkan anak anda mengahafal Juz Amma.

1. Memulainya dengan Surat Al-Fatihah

Al-Fatihah merupakan surat yang sangat penting terutama ketika ingin mengajarkan anak untuk sholat karena lewat surat ini jugalah sholatnya akan ditentukan. Bacalah surat Al- Fatihah di depannya secara langsung dan kita bisa ajak buah hati untuk mengikutinya secara perlahan- lahan. Hal ini akan melatih memori-nya untuk lebih mengingatnya.

2. Teruslah mengulang-ulang 

Ajaklah si Kecil untuk terus mengulangi hafalannya bahkan ketika ia sedang bermain, mintalah untuk mengulanginya dan bimbing hafalannya. Ketika akan tidur atau bangun tidur juga kita dapat mengulanginya lagi. Mengulang-ulang hafalan Juz ‘Amma juga bisa dibantu dengan mainan si Kecil agar mereka lebih tertarik.

3. Perdengarkan murrotal Al Qur’an

Yang dimaksudkan disini adalah mencoba untuk terus memperdengarkan murottal lewat berbagai media. Hal ini akan membuatnya perlahan-lahan ikut menghafal dengan sering mendengarkannya.

4. Memberikan motivasi dengan memberinya hadiah

Seorang anak tentu akan lebih bersemangat ketika kita menjanjikannya untuk memberikannya hadiah untuk pencapaian apa yang dilakukannya. Anda juga dapat mencoba tips ini untuk memberikan semangat dan motivasi kepadanya, “kalau kamu sudah hafal nanti kita beli es krim ya, atau permen” dan membimbingnya lagi. Ketika anak anda berhasil menghafal satu surat terlebih dahulu berikanlah hadiahnya dan jangan lupa untuk mengajarkannya surat yang selanjutnya.

5. Pilih waktu yang sesuai untuk menghafalnya

Hal ini juga tentu menjadi sangat penting ya, Bunda. Karena mood seorang anak tentu akan berubah-ubah. Ajarkanlah ia menghafal ketika mood dan semangatnya terlihat baik. Tetapi ketika sedang buruk, kita harus menundanya terlebih dahulu karena justru akan membuat anak anda tidak akan bisa menghafalnya dan cenderung kesal.

6. Pujilah ketika dia berhasil menghafalnya

Hal ini juga akan menyemangatinya untuk terus menghafalnya lagi. Anak kecil tentu sangat menyukai ketika dirinya di puji, dan pujilah dengan senyuman atau sambil memeluk dan menciumnya. “hore, anak pintar sudah hafal. Nanti kita hafalkan yang selanjutnya ya”. Melakukannya ketika di depan kerabat ataupun tetangga juga tidak ada salahnya kok, Bun!

Beberapa tips di atas dapat kita coba untuk mengajarkan si Kecil menghafal Juz Amma sedari dini ya, Bun. Saat anak memasuki usia 1 tahun, cobalah untuk sering memperdengarkan dan membacanya di hadapan mereka. Lalu, ketika usianya sudah memasuki usia 2 tahun, kita dapat memintanya untuk mengikuti bacaannya dan memintanya untuk terus mengulanginya setiap hari secara bertahap dimulai dari Surat Al-Fatihah, An- Naas, Al- Ikhlas, Al- Falaq, dan lainnya.

Semoga baerhasil ya, Bun!

2 COMMENTS