Jangan Salah Kaprah, Ini Tips Awal MPASI

0
2017
tips mpasi

Hai Bunda,

Di sini pasti banyak para Bunda dan Ayah yang bingung bagaimana sih persiapan dan cara memberikan makanan pertama buat buah hati?

Pasti bunda ingin memberikan asupan terbaik untuk buah hati tercinta bukan? Buah? Sayur? Ikan? Bagaimana agar asupan si Kecil tetap terpenuhi dengan semua nutrisi tersebut padahal daya tampung perutnya masih sangat terbatas?

Nah, di sini saya mau berbagi pengalaman saya sendiri sebagai bidan dan ibu untuk putri kecil saya nih, Bunda.

Pertama, tidak selamanya baby baru makan setelah 6 bulan. Sebagai ibu kita juga harus lihat perkembangan tumbuh kembang baby kita sesuai garis KMS (kartu menuju sehat) atau tidak. Jika kurva pertumbuhan stag atau turun artinya kebutuhan asupan baby belum cukup jadi perlu makanan tambahan.

Kedua, untuk mulai pengenalan MPASI (makanan pengganti ASI), buat baby senang dalam proses makan. Jangan dipaksa ya, Bunda. Ajak bermain dan perkenalkan makanan secara perlahan.

Ketiga, sesuaikan tekstur makanan dengan kemampuan bayi mengunyah makanan. Jangan dipaksakan sesuai keinginan Bunda yang ingin mengikuti tren pemberian MPASI jaman now. Karena saat baby tidak siap bisa menyebabkan tersedak atau penolakan pada makanan.

Keempat, mulailah perkenalkan dengan berbagai macam rasa asli makanan jangan ditambah gula atau garam. Perkenalkan menu tunggal yaitu menu satu jenis bahan makanan, bisa buah, sayur, protein, karbohidrat lihat reaksi baby khususnya dalam pemberian protein apakah ada reaksi alergi atau tidak.

Kelima, saat proses makan buat bayi duduk tenang. Agar terbiasa jika saat proses makan itu harus dengan duduk. Hal ini akan menjadi kebiasaan anak hingga besar. Siapkan peralatan makan yang aman dan memudahkan Bunda. Ingat jangan cuma mengikuti tren jaman now ya, Bunda.

Terakhir, sabar ya Bunda saat memberikan makan pada anak. Karena emosi (mood) anak mudah berubah. Kita sebagai orangtua yang harus bisa mengontrol diri.

Selamat  mencoba ya, Bunda.

Nanti akan saya bagikan juga beberapa contoh resep menu MPASI tunggal maupun MPASI 4 bintang. Yang belum tahu MPASI 4 bintang tunggu artikel selanjutnya ya, Bun.