Tips Menjaga Kesehatan Mulut Selama Puasa

0
97
bau mulut

Bulan Ramadhan adalah bulan waktunya berpuasa bagi semua umat muslim. Semua umat muslim yang sudah baligh dan memenuhi syarat untuk berpuasa harus melaksanakan kewajiban ini. Rukun islam yang ketiga ini selalu menjadi momen yang ditung-tunggu oleh semua keluarga.

Namun, saat berpuasa ada beberapa hal yang sering mengganggu kenyamanan Anda. Salah satunya adalah munculnya bau mulut karena mulut Anda yang biasanya seharian mengunyah makanan, di bulan Ramadhan mulut akan berhenti mengunyah selama seharian. Ini memicu munculnya bakteri penyebab bau mulut.

Anda bisa menggunakan 5+ Tips Atasi Masalah Bau Mulut Saat Puasa jika merasa bau mulut sudah diluar batas normal. Jika tidak diatasi dengan baik, bau mulut akan sangat mengganggu aktivitas Anda terlebih lagi saat Anda harus berhadapan dengan klien atau rekan kerja Anda.

Ikuti beberapa tips menjaga kesehatan mulut selama berpuasa di bawah ini :

1. Perbanyak Minum Air Putih Saat Berbuka dan Bersahur

Anda harus lebih banyak meminum air putih karena hanya di waktu buka dan sahur Anda bisa membasahi mulut Anda yang kering. Minum setidaknya 2 hingga 3 gelas air putih agar terhindar dari dehidrasi.

Selain itu, jika Anda memiliki asupan air yang banyak tubuh Anda akan jauh dari rasa lemas. Mulut akan selalu sehat meski di siang hari bau mulut pasti akan tetap terasa.

2. Jangan Lupa Menyikat Gigi

Setelah Anda selesai makan, sebaiknya Anda segera menggosok gigi, karena sisa-sisa makanan yang menempel bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Selain itu, kesehatan mulut juga akan terganggu karena bakteri mudah menyebar di mulut yang kotor.

Khususnya setelah Anda selesai makan sahur, karena selama seharian Anda akan berpuasa. Jadi sangat rawan jika nanti di siang hari ternyata masih ada sisa makanan yang menempel di gigi Anda, bisa membatalkan puasa Anda di bulan Ramadhan.

3. Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur anti bakteri sangat efektif untuk membasmi semua penyebab bau mulut. Meski semua area mulut sudah disikat, tapi sebenarnya masih ada bakteri yang tertinggal di mulut.

Anda bisa membiasakan diri menggunakan obat kumur meski rasanya tidak enak tapi ini adalah salah satu usaha agar mulut selalu sehat dan segar selama menjalankan ibadah puasa.

Jadi jangan malas untuk menggunakan obat kumur ya.

4. Rajin Membersihkan Bagian Lidah

Kesehatan mulut juga meliputi bagian lidah. Lidah yang sehat biasanya bebas dari putih-putih. Sebenarnya gigi dan lidah memiliki persamaan. Kedua bagian ini adalah bagian yang paling sering ditempeli oleh sisa makanan. Sehingga bakteri dengan mudah bisa menyebar di bagian ini. Oleh sebab itu, rajinlah membersihkan lidah dengan sikat lidah atau menggunakan kain kasa yang sudah dicelupkan ke air hangat yang matang.

5. Banyak Mengkonsumsi Sayur dan Buah-buahan

Sayur dan buah sangat banyak kandungan gizinya. Selain melancarkan buang air besar, sayur dan buah juga bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh serta kesehatan mulut. Anda yang sering mengkonsumsi sayuran dan buahan akan memiliki gigi yang kuat tidak berlubang sehingga bakteri penyebab bau mulut tidak mudah berkembang biak.

Sebenarnya masih ada banyak sekali tips untuk menjaga kesehatan mulut saat berpuasa. Tapi sebaiknya Anda mulai dengan tips-tips ringan yang ada di atas dulu ya. Sempurnakan puasa Anda di bulan Ramadhan dengan mulut yang segar dan sehat.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa pantau artikel yang selanjutnya ya, akan ada banyak informasi penting lainnya.

Source image  https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/700×465/photo/2018/05/07/463585177.jpg