Tips Untuk Ibu Menyusui Selama Ramadhan

0
226
menyusui saat puasa

Seorang Ibu yang sedang menyusui sebenarnya tidak diwajibkan berpuasa dalam islam, hanya saja ia diharuskan menggantinya atau juga membayar fidyah. Fidyah adalah biaya makan yang ia keluarkan dalam sehari dan biaya tersebut diberikan kepada orang yang tidak mampu sesuai banyak hari puasa yang telah ia tinggalkan.

Saat sedang berpuasa sambil menyusui bisa saja seorang ibu merasakan dehidrasi karena kekurangan cairan di dalam tubuhnya sedangkan ia diharuskan untuk tetap menyusui bayi nya. Tetapi bagaimana jika Bunda memutuskan untuk tetap menjalankan puasa ramadhan? Tentunya Bunda juga harus menyiapkan beberapa hal demi kesehatan anda dan buah hati bersama. Apa saja tipsnya, mari kita bahas:

Perhatikan Usia dan Tumbuh Kembang Bayi

Sebelum Bunda memutuskan untuk berpuasa sebaiknya konsultasikan dulu pada bidan atau dokter. Biasanya dokter akan menganjurkan untuk berpuasa ketika bayi kita telah memasuki usia lebih darin 6 bulan. Hal ini dikarenakan bayi yang berusia di bawah enam bulan masih membutuhkan asi eksklusif sebagai makanan pokoknya. Dan dikhawatirkan kondisi ibu yang sedang berpuasa akan mengurangi asupan asi nya.

Konsumsi Banyak Cairan

Minum 8 gelas per hari tentu masih dapat diterapkan meskipun sedang berpuasa ya Bun. Ini tentu bisa dilakukan antara waktu berbuka puasa dan sahur. Bunda juga dapat menambahkannya dengan mengkonsumsi susu untuk ibu menyusui dan juga jus buah untuk memperlancar asi di siang hari ketika puasa.

Mengkonsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Tips yang selanjutnya adalah dengan tetap mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna pada saat sahur dan berbuka puasa. Bunda juga diharuskan untuk tetap mengkonsumsi makanan berat selama 3 kali dalam sehari. Yaitu pada saat berbuka puasa, sebelum tidur dan pada saat sahur. Makanan sehat yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan lemak tentu akan menambah tenaga dan membuat anda terhindar dari anemia pada saat menyusui.

Konsumsi Makanan dan Juga Pil Pelancar ASI (Jika Dibutuhkan)

Sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung air dipercaya dapat memperlancar ASI untuk anda yang sedang menyussui, diantaranya adalah: katuk, bayam, daun kacang, buah semangka, papaya, pir, dan juga jambu air. Bunda juga dapat mencoba untuk mengkonsumsi pil herbal untuk memperlancar ASI. Tapi tentu jika ini dibutuhkan ya, Bunda.

Memompa ASI Saat Malam Hari

Ketika selesai berbuka puasa dan kondisi ASI Bunda sedang keadaan yang banyak, dapat dicoba untuk memompanya dan menampungnya pada botol ASI. Cara ini juga dapat membuat stok ASI cukup ketika di siang hari, sehingga buah hati tidak akan kekurangan ASI di siang hari.

Beberapa tips di atas dapat Bunda lakukan ketika tetap ingin berpuasa sambil menyusui ya, Bun. Tetapi jangan lupa untuk terus memperhatikan kesehatan kita dan buah hati. Ketika Bunda dalam keadaan yang tidak sehat atau tidak mampu lagi untuk melanjutkan puasa sebaiknya berbuka, dan jangan memaksakan diri.

Karena akan membahayakan diri tentu nya, dan mengakibatkan kita menjadi sakit atau dehidrasi. Bunda juga diwajibkan untuk beristirahat yang cukup pada siang hari nya, dan hindari stress ya. Karena hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap produksi ASI. Berpuasa untuk ibu yang menyusui tentu saja terasa lebih berat ya mom. Jadi tetaplah menjaga kesehatan dan kondisi psikis kita dan buah hati. Semangat, Bun!