Tontonan yang Bisa Menumbuhkan Empati Anak

0
85
empati anak

Saat ini sudah banyak film-film animasi bertema hewan. Namun, hewan yang satu ini pasti bikin bunda dan si kecil suka. Selain karena lucu dan menggemaskan, hewan yang satu ini juga mengajarkan kita bagaimana caranya untuk berempati kepada sesama. Adalah “Pat a Pat Como”, anak ayam yang baik hati dan menggemaskan yang hari-harinya selalu ceria.

Serial animasi ini merupakan produksi Al Qolam Pictures. Cerita yang dihadirkan pun sederhana seperti halnya kehidupan anak-anak yang penuh keceriaan dan bermain setiap hari. nah, disini akan kita review kisah seekor anak ayam yang punya kemampuan spesial dalam serial animasi “Pat a Pat Como”. Yuk langsung saja.

Jalan cerita yang dikemas ringan

Ceritanya berawal dari sebuah peternakan bernama Bandi Farm yang disitu tinggal seekor induk ayam bernama Bomi. Bomi ini merupakan ibu yang paling bahagia di dunia ini, sebab ia sedang menunggu lahirnya seorang anak. Dengan sabar Bomi mengerami memberikan kehangatan untuk telurnya, hingga telur tersebut mulai bergerak-gerak.

Sesuatu yang ditunggu datang juga, Como pun lahir ke dunia. Perasaan Bomi pun senang bukan main dengan lahirnya Como. Setiap hari Bomi selalu menghabiskan waktu bersama Como bermain dan mengajarkan berbagai hal.

Wormy, teman pertama Como

Bomi mengajarkan Como bagaimana untuk selalu bahagia, dan ia begitu senang melihat tingkah laku Como yang menggemaskan. Nah, suatu waktu Bomi melihat ada cacing yang sedang berkeliaran dan menangkapnya. Lalu Bomi memberikannya kepada Como dengan maksud sebagai makanan. Akan tetapi Como yang baik hati tidak tega untuk memakannya, jadi dia menyembunyikan cacing itu dari ibunya dan membiarkan cacing itu pergi. Belum lama pergi si cacing pingsan karena kepanasan, Como dengan sigap langsung menolongnya.

Setelah si cacing sadar, ia pun panik dan merasa ketakutan berada di dekat Como sampai ia pun menjadi sedih karena saking takutnya. Melihat si cacing sedih, Como pun mendekatinya untuk dan menepuk kepala cacing. Seketika itu cacing pun menjadi bahagia.

Oh iya, Como ini selain baik hati dia juga kemampuan spesial lho. Ya, kemampuan ini bisa membuat temannya yang bersedih jadi bahagia lagi. Kemampuan spesial Como itu dinamakan “pat a pat”. Jadi setiap Como menepuk-nepuk badan sahabatnya, ia akan menyanyikan sebuah lagu yang ceria untuk menghiburnya.

Kembali ke cerita tadi. Setelah cacing sudah tidak bersedih lagi, Como pun mengijinkannya pergi. Merasa tidak punya teman bermain, Como pun bersedih karena main sendirian. Tak lama kemudian munculah si cacing, Como pun langsung bahagia. Tapi Bomi sang ibu datang untuk menengok Como, dan ia takut kalau ketahuan bahwa dirinya dengan si cacing menjadi teman.

Meski takut akan dimarahi sang ibu, Como pun akhirnya jujur kalau ia dan si cacing adalah teman. Melihat itu dan tak ingin anaknya sedih, Bomi pun mengijinkan mereka untuk berteman. Akhirnya Como punya teman baru dan ia bernama Wormy.

Selamat datang Toto

Ketika sedang asik bermain, Como dan Wormy dibuat heran dengan kedatangan seekor ayam. Ayam ini bernama Toto, tamu yang baru pindah dari kota ke Bandi Farm. Perkenalannya Como dan Wormy dengan Toto ini membuat Bandi Farm menjadi lebih seru.

Toto adalah ayam yang pintar dan cerdas karena banyak membaca buku. Berkat kecerdasannya, ia pun mengajak Como dan Wormy membuat semacam katrol untuk dijadikan lift tempat dimana Toto tinggal agar lebih mudah naik ke atas. Karena suka sekali melihat bintang, Toto pun membuat sebuah teleskop di tempat tinggalnya untuk meneliti bintang-bintang yang ada di langit.

Bertemu si anak itik Wooba

Ketiganya kini menjadi teman akrab dan merencanakan untuk piknik ke sebuah tempat yang tinggi. Disinilah Como, Wormy, dan Toto berkenalan dengan seekor anak itik bernama Wooba yang hidupnya di alam liar.

Como, Wormy, dan Toto yang tengah menikmati bekal bawaan mereka dikagetkan dengan seekor anak itik yang sedang tidur di dalam goa. Wooba terbangun karena mencium aroma yang lezat. Wooba yang bermaksud ingin berkenalan menunjukkan bahwa ia juga punya sesuatu yang enak. Tapi Como, Wormy, dan Toto melihat apa yang dipegang Wooba itu seperti sebuah alat untuk menyakiti mereka, dan larikah ketiganya ketakutan.

Wooba yang tidak mempunyai teman sebelumnya berusaha untuk mengejar mereka. Hingga akhirnya Como, Wormy, dan Toto bersembunyi masuk ke tempat yang penuh dengan pohon bambu. Wooba yang berusaha menghampiri mereka tak bisa masuk karena badannya yang tinggi dan besar.

Karena tak bisa mendekati mereka, Wooba pun sedih dan memberikan benda yang dibawanya itu yang ternyata itu adalah makanan. Como yang sadar sudah berprasangka buruk kepada Wooba akhirnya menghampirinya untuk mengajaknya makan bersama. Seperti biasa Como mengeluarkan kemampuan spesialnya ‘pat a pat’ untuk membuat Wooba tersenyum lagi dengan menyanyikan lagu tepuk-tepuk.

Kesimpulan

Selain menyuguhkan tayangan filmnya di setiap episeode, Como bersama teman-temannya juga banyak memutarkan lagu-lagu yang pastinya bikin si kecil ikut berjoget. Ada edukasi yang pastinya bermanfaat untuk anak-anak belajar, diantaranya mengajarkan bagaimana menyikat gigi dengan benar dan masih banyak lagi.

Maka dari itu film serial animasi bertema hewan ini sangat direkomendasikan untuk tontonan putra-putri Anda.

Serial animasi “Pat a Pat Como” tayang setiap jumat, dan saat ini masih sampai pada episode 4. Bunda bersama si kecil bisa melihat keseruan aktivitas Como dan sahabatnya di channel youtube Al Qolam Pictures berikut ini yaa.