7 Poin Penting Kelola Keuangan Saat Ramadhan

2
174

Dalam hitungan hari, kita akan menyambut bulan yang sudah kita nantikan selama setahun ini. Bulan Ramadhan identik dengan berbagi kebahagiaan, karena ibadah ini tak hanya meningkatkan spiritualitas diri tetapi merupakan ajang bersilaturahmi dengan para sahabat dan kerabat.

Tak bisa dipungkiri di bulan ini juga pengeluaran akan lebih variatif dibanding bulan-bulan sebelumnya. Untuk itu Ayah dan Bunda perlu memperhitungkan secara matang  agar kondisi keuangan tetap stabil sampai menjelang Idul Fitri.  Ingin tahu apa saja? Berikut 7 poin pentingnya:

1. Membuat Persiapan Rencana Keuangan Selama Ramadhan

Susun anggaran dan perencanaan keuangan saat Ramadhan mulai dari persiapan Ramadhan seperti belanja bulanan hingga persiapan menjelang Idul Fitri. Perhitungkan sebaik-baiknya.

2. Siapkan Anggaran Saat Sahur dan Berbuka

Selama sebulan penuh menunaikan ibadah puasa terkadang Ayah dan Bunda menginginkan  menu yang bervariasi di saat sahur dan berbuka. Aneka santapan yang menarik seperti takjil, aneka bubur dan minuman dan lauk-pauk kering yang bisa disantap saat sahur perlu diperhitungkan karena dapat memicu Ayah dan Bunda bertindak konsumtif. Solusinya lebih bijaksana dalam berbelanja makanan, variasikan juga antara membeli dan memasak sendiri supaya berimbang.

3. Bijak menerima undangan berbuka puasa

Tak bisa dipungkiri biasanya undangan untuk bukber alias berbuka puasa bersama datang dari berbagai penjuru, mulai dari teman sekolah, kuliah, kerja, tetangga sampai dengan kerabat yang biasanya berlokasi di restoran dan pusat perbelanjaan mall. Pilih dan sesuaikan dengan keadaan budget, prioritaskan untuk undangan yang penting saja.

4. Kelompokkan Pengeluaran Hari Raya

Rencana pengeluaran Hari Raya tersebut mencakup kebutuhan mudik, persiapan belanja lebaran, THR untuk karyawan rumah tangga, hadiah parcel dan lainnya.

5. Menggunakan THR Dengan Bijaksana

Gunakan THR dengan sebaik mungkin sesuai keperluan, jangan berbelanja berlebih-lebihan agar usai Hari Raya, Ayah dan Bunda masih memiliki cukup uang.

6. Berbelanja Sesuai Kebutuhan

Saat bulan Ramadhan tiba dipusat perbelanjaan tak kalah meriahnya. Departemen store dan lainnya berlomba-lomba memberikan penawaran yang menggiurkan seperti menghadirkan koleksi-koleksi pakaian perempuan dan laki-laki terbaru dan beragam hal menarik lainnya. Ayah dan Bunda jangan mudah tergiur dengan diskon, kecuali benar-benar membutuhkannya. Supaya tetap fokus, catatlah kebutuhan yang diperlukan. Hindari bersikap boros serta berlebih- lebihan.

7. Siapkan Donasi Dan Sedekah 

Donasi dan sedekah yang diberikan  bisa dalam bentuk uang dan barang. Ingatlah di bulan yang istimewa ini pahala bersedekah akan berlipat-lipat ganda, jangan sia-siakan kesempatan emas tersebut.

Mari bersiap,
Marhaban Ya Ramadhan!

 

2 COMMENTS