5 Aktivitas Untuk Isi Ramadhan Berkualitas Bersama si Kecil, Coba Yuk Bunda

0
566
aktivitas ramadhan

Marhaban ya Ramadhan..

Alhamdulillah bunda, kita dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan tahun ini. Tentunya ramadhan tahun ini akan sangat berbeda dengan ramadhan tahun-tahun sebelumnya.

Wabah Covid-19 yang masih terjadi di tengah bulan suci ramadhan membuat situasi menjadi berbeda, tarawih di masjid ditiadakan dan kegiatan buka bersama yang ditunggu-tunggu sebagai ajang kumpul dan silaturahmi berbagai lapisan masyarakat pun dilarang sehingga hanya boleh melakukannya di rumah saja.

Namun, bunda jangan khawatir karena ramadhan tahun ini akan ada banyak waktu yang akan bunda habis kan bersama keluarga, salah satunya bersama si kecil. Nah bunda, ada banyak aktivitas yang dapat bunda lakukan bersama si kecil dirumah selama bulan Ramadhan. Apa saja ya? Yuk simak berikut ini.

1. Memberikan pemahaman tentang makna puasa kepada si kecil

Langkah pertama yang dapat Bunda lakukan adalah memberikan pemahaman tentang makna puasa kepada si kecil. Berikan pemahaman kepada si kecil sesuai dengan tahap tumbuh kembangnya, seperti alasan berpuasa serta apa saja hikmah bagi orang yan menjalankan puasa.

Selain itu, bunda juga dapat menceritakan kisah teladan yang berkaitan dengan puasa. Sebagai tambahan, bunda juga dapat menjelaskan situasi bulan ramadhan tahun ini yang berbeda dari sebelumnya sehingga sebagian besar aktivitas selama bulan ramadhan juga akan dilaksanakan dirumah.

2. Melaksanakan Shalat Tarawih berjamaah di rumah

Shalat tarawih menjadi salah satu ibadah sunnah yang dilakukan di bulan ramadhan. Pada situasi yang normal, tarawih biasanya akan dilakukan di masjid. Si kecil pun biasanya akan bersemangat untuk mengikuti shalat tarawih di masjid bersama orang tuanya. Namun, situasi saat ini membuat pemerintah melarang untuk semua masjid melaksanakan shalat tarawih.

Nah, ini adalah kesempatan ayah dan bunda untuk mendampingi si kecil melaksanakan shalat tarawih dirumah. Si kecil dapat dikenalkan terlebih dahulu mengenai keutamaan shalat tarawih dan bacaan-bacaan shalat tarawih. Sehingga diharapkan kedepannya si kecil dapat lebih rajin dan bersemangat dalam melaksanakan shalat tarawih.

3. Melaksanakan tadarus Al Quran

Bulan ramadhan adalah bulan turunnya kitab suci Al Quran. Allah SWT berfirman:

“Bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS Al Baqarah:185)

Tadarus Al Quran adalah salah satu aktivitas berpahala yang dapat dilakukan selama bulan ramadhan. Tadarus Al Quran artinya berkumpul, berdiskusi tentang satu ayat di Al Quran hingga memahami sepenuhnya makna ayat yang dibaca dan dipelajari. Bunda dapat mendampingi si kecil atau dapat melakukan tadarus Al Quran secara bergantian setelah shalat. Selain itu, bunda juga dapat menjelaskan kepada si kecil mengenai hikmah melakukan tadarus Al Quran seperti mendapatkan pahala yang dilipatgandakan sepuluh kali lipat serta membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang.

4. Menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka

Bulan ramadhan menjadi wadah bagi setiap keluarga untuk semakin mempererat kebersamaan. Terlebih, bulan ramadhan tahun ini akan lebih banyak waktu bersama keluarga, terutama pada saat sahur dan berbuka.

Pemandangan orang tua yang biasanya masih beraktivitas di kantor, anak-anak yang sering buka bersama teman-teman sekolah. Menjadi hal yang mungkin tidak ditemukan di ramadhan tahun ini karena anjuran pemerintah untuk dirumah aja selama pandemi Covid-19 belum berakhir. Oleh sebab itu, bunda dapat mengajak si kecil untuk berdiskusi mengenai makanan yang diinginkan untuk sahur atau berbuka serta mengajak untuk turut serta dalam mempersiapkan makanan tersebut.

Bunda dapat meminta tolong si kecil untuk melakukan hal-hal ringan seperti mencuci sayur, menambah bumbu masakan dengan arahan bunda serta menyiapkan makanan di meja makan. Berikan apresiasi dan jangan lupa ucapkan terima kasih kepada si kecil ya bunda.

5. Melakukan agenda ramadhan

Agenda ramadhan adalah aktivitas yang dilakukan bersama dengan keluarga selama bulan ramadhan sesuai dengan kesepakatan dari masing-masing anggota keluarga. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menampung ide dari masing-masing anggota keluarga mengenai agenda apa saja yang akan dilakukan selama bulan ramadhan.

Agenda yang dilakukan tentunya masih berkaitan dengan bulan ramadhan seperti misalnya masing-masing anggota keluarga menyiapkan kultum atau cerita-cerita islam yang dapat dibagikan ketika menjelang berbuka puasa atau setelah shalat tarawih berjamaah. Selain itu, dengan adanya situasi pandemi ini, orang tua dapat mengajak anak untuk aktif bersedekah atau membagikan takjil kepada orang-orang yang membutuhkan. Tentu dengan tetap memperhatikan physical distancing ya, Bunda.

Nah bunda, itulah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan bersama si kecil selama bulan ramadhan ini. Memang akan terasa berbeda dibandingkan bulan-bulan ramadhan sebelumnya. Namun semangat dalam melaksanakan ibadah di bulan ramadhan harus tetap sama ya bunda. Semoga kita semua diberikan kelancaran dan kesehatan sampai akhir bulan ramadhan. Aamiin