Bunda, Ini Lho Manfaat Super Hafiz untuk Si Kecil

0
464

Bunda pasti sudah tahu kan, baru-baru ini Al-Qolam meluncurkan mainan edukasi dengan teknologi berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), bernama Super Hafiz. Super Hafiz dirancang dengan bentuk yang lucu dengan ukuran badan yang cukup besar namun tidak terlalu tinggi.

Matanya tampak berbinar-binar ketika diajak berkomunikasi, dengan kacamata merah dan senyum yang menghiasi wajahnya membuat boneka ini tampak menarik untuk dijadikan teman bermain si kecil. Sesuai dengan tagline nya Cerdas dan Sholeh, tentunya ada banyak manfaat yang dimiliki oleh Super Hafiz. Super Hafiz memiliki banyak konten yang dapat menstimulasi perkembangan si kecil. Berikut kita akan mengetahui konten-konten yang ada di super hafiz, simak yuk bunda.

a. Konten Online

Ini merupakan konten yang dapat diakses dengan menggunakan koneksi internet. Konten online terdiri dari percakapan sehari-hari, ensiklopedia pengetahuan islam dan pengetahuan umum, lagu-lagu islami dan anak-anak, cerita islami, sirah nabawiyah, doa-doa dan ceramah, mengenal tokoh dan ilmuwan, kamus indonesia – inggris, kamus inggris – indonesia, berhitung, tes kepribadian dan teka-teki.

Dengan kata lain, Super Hafiz dapat upgrade konten secara otomatis. Jadi, akan selalu ada tambahan konten terbaru pada Super Hafiz tanpa perlu upgrade software. Sebagai contoh, seperti saat Ramadhan, ada konten cerita tentang Kulafaur Rasyidin yang langsung bisa dicoba di Super Hafiz.

b. Konten Offline

Ini konten yang dapat diakses tanpa menggunakan koneksi internet. Konten offline terdiri dari murottal Al Quran 30 juz, lagu-lagu islami, doa-doa, cerita 25 Nabi, sifat teladan Nabi Muhammad, hadits untuk anak, kisah alfabet, asmaul husna, penemuan umat islam, tempat bersejarah umat islam, kalimat thoyyibah, halal dan haram dalam islam, aku dan ceritaku, magic sound dan bilingual (2 bahasa).

Nah bunda, ada banyak sekali kan konten-konten di Super Hafiz. Konten-konten tersebut tidak hanya menyenangkan tetapi juga bermanfaat untuk si kecil. Apa saja sih manfaatnya?

1. Menyalurkan rasa ingin tahu (curiosity) pada anak

Setiap anak memiliki rasa ingin tahu yang cenderung tinggi terutama saat anak memasuki usia golden age yaitu 0-6 tahun. Dunia anak-anak dipenuhi dengan hal-hal yang menarik dan menakjubkan, jadi bunda jangan heran jika anak-anak mulai banyak mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal disekitarnya.

Nah, super hafiz memiliki konten percakapan sehari-hari dimana anak dapat mengajukan berbagai macam pertanyaan dan super hafiz akan menjawabnya.  Tetap dampingi si kecil agar orang tua mengetahui apa saja yang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, dan setelah itu bunda dapat berdiskusi bersama si kecil.

2. Melatih daya imajinasi pada anak

Pada rentang usia 0-6 tahun, anak-anak cenderung memiliki daya imajinatif yang tinggi. Salah satu cara untuk mengasah imajinasi pada anak adalah melalui cerita. Widiantoro dalam tulisannya yang berjudul “Mendongeng Berpengaruh Untuk Perkembangan Anak” menjelaskan bahwa salah satu manfaat dari cerita adalah mengembangkan daya pikir dan imajinasi anak.

Ada banyak konten super hafiz yang menyajikan cerita untuk si kecil terutama cerita-cerita islami, sirah nabawiyah serta sifat teladan Nabi Muhammad. Cerita-cerita tersebut, dapat melatih daya imajinasi anak karena saat mendengarkan cerita, anak akan ikut membayangkan apa yang terjadi dalam cerita tersebut.

Selain itu banyaknya cerita islami yang disajikan dalam konten super hafiz membuat anak dapat mengambil pelajaran dari nilai-nilai islam dalam cerita serta dapat dijadikan teladan bagi anak mengenai hal yang baik dan buruk.

3. Memperkaya ilmu pengetahuan dan kosakata pada anak

Konten ensiklopedia pengetahuan islam dan pengetahuan umum, mengenal tokoh dan ilmuwan, penemuan-penemuan umat islam dan tempat bersejarah umat islam merupakan konten yang kaya akan ilmu pengetahuan untuk si kecil.

Si kecil akan dapat mempelajari banyak pengetahuan yang mungkin sebelumnya belum ia ketahui. Kosakatanya pun juga akan bertambah, akan ada banyak istilah-istilah baru yang sebelumnya belum diketahui dan akan dapat digunakan si kecil dalam kesehariannya. Namun, diharapkan orang tua tetap dapat mendampingi si kecil sehingga si kecil tidak salah dalam penggunaan kosakata yang dipelajari tersebut.

4. Melatih kemampuan anak untuk berani bertanya ketika belum mengetahui sesuatu

Merujuk pada point pertama, anak usia dini cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga akan ada banyak pertanyaan yang muncul dipikirannya. Anak-anak terkadang malu untuk menanyakan pertanyaan kepada orang dewasa atau terkadang respon yang didapatkan tidak sesuai yang mereka harapkan.

Nah, super hafiz menyediakan wadah untuk anak agar berani untuk menanyakan apapun yang ada dipikirannya. Super hafiz akan berusaha sebaik mungkin untuk menjawab pertanyaan dari si kecil sehingga si kecil tidak akan merasa takut atau malu lagi untuk bertanya.

Orangtua juga diharapkan untuk berperan dalam hal ini, tetap dampingi dan berikan pengertian kepada anak bahwa orang tua juga akan menjawab jika si kecil memiliki pertanyaan sehingga si kecil dapat terbentuk menjadi anak yang pemberani dan tidak segan untuk bertanya jika memiliki pertanyaan.

5. Melatih anak untuk dapat mengekspresikan emosi yang sedang dirasakan (senang, sedih, marah, takut dsb)

Super Hafiz juga dapat menjadi teman curhat untuk anak,namun bukan berarti orang tua tidak berperan lagi dalam hal ini. Anak-anak terkadang bingung mengungkapkan perasaannya sehingga seringkali menggunakan cara yang tidak tepat dalam mengungkapkannya, seperti membanting barang, berteriak dan lainnya.

Konten curhat pada super hafiz memberikan ruang pada anak untuk dapat mengekspresikan perasaannya, seperti “Hafiz, aku marah. Hafiz, aku sedih” . Hafiz akan menjawab dengan kata-kata bijak yang dapat menenangkan si kecil.

Si kecil juga akan dapat mempelajari bahwa emosi negatif atau positif adalah hal yang wajar terjadi namun bagaimana ia dapat mengendalikan emosi tersebut adalah hal yang lebih penting. Namun, tetap dampingi si kecil ya bunda, karena orang tua tetap menjadi tempat terbaik bagi anak untuk menceritakan keluh kesahnya.

6. Membantu anak untuk menemukan kata-kata yang tepat untuk digunakan dalam berinteraksi dengan orang lain

Super Hafiz dapat menjawab banyak pertanyaan namun jika kata-kata yang digunakan tidak tepat maka super hafiz tidak dapat merespon pertanyaan tersebut. Hal ini secara tidak langsung akan melatih anak dalam menyusun kalimat yang baik dan benar saat berinteraksi dalam kesehariannya. 

7. Melatih kemampuan penyelesaian masalah (problem solving) pada anak

Nah, salah satu konten favorit yang ada di super hafiz adalah konten teka-teki. Konten teka teki memberikan pertanyaan yang ringan dan seru untuk anak. Meskipun anak tidak diminta secara langsung untuk menjawab pertanyaannya, namun secara tidak langsung anak akan ikut memikirkan apa jawaban dari teka-teki tersebut. Hal ini dapat melatih kemampuan penyelesaian masalah pada anak dalam kesehariannya.

Nah bunda, ada banyak kan manfaat dari super hafiz. Tidak hanya mengajarkan nilai-nilai islami namun juga dapat memberikan stimulasi psikologis untuk perkembangan kemampuan si kecil. Super Hafiz menjadi media yang menyenangkan bagi anak untuk bermain, mengobrol dan belajar banyak hal. Yuk bunda ajak si kecil menjadi cerdas dan sholeh bersama Super Hafiz.