7 Amalan Sunnah Harian Selama Bulan Puasa

0
359
amalan sunnah

Bulan Puasa merupakan bulan yang sangat di nantikan untuk umat islam di seluruh penjuru dunia. Karena pada bulan ini lah semua pintu ampunan dibuka dan pahala di lipat gandakan. Berpuasa juga merupakan rukun islam yang wajib di taati oleh semua imat islam.

Dengan berpuasa kita belajar untuk menaahan lapar dan haus, serta menahan hawa nafsu tentunya. Tetapi saat ini banyak sekali orang yang hanya mendapatkan lapar dan haus saja ketika berpuasa, serta tidak mendapatkan pahala yang sesungguhnya dikarenakan ibadahnya yang ternyata belum maksimal.

Untuk menyambut bulan suci yang penuh berkah ini, sebaiknya kita juga mengamalkan beberapa amalan sunnah di bulan ramadhan, untuk mendapatkan pahala yang dilipat gandakan oleh Allah SWT. Nah, apa saja sih amalan sunnah nya? Mari kita bahas:

1. Tadarus Alqur’an

Untuk anda yang jarang sekali membaca alqur’an, cobalah untuk menyempatkannya ketika di bulan Ramadhan. Membaca alqur’an juga banyak sekali memiliki manfaat diantaranya adalah membuat hati kita menjadi lebih tenang, terhindar dari rasa gelisah dan was-was, serta menjadi lebih dekat dengan Allah SWT, terlebih Allah juga akan melipat gandakan pahala nya berkali-kali lipat. Bertadarus bukan hanya dapat anda lakukan di masjid, tetapi anda juga dapat melakukannya di rumah ketika selesai sholat serta menjelang tidur. dan jika anda dapat mengkhatamkan nya selama bulan ramadhan tentu akan menjadi lebih baik lagi. Jadi, yuk kita coba untuk melakukannya!

2. Perbanyaklah Sedekah

Amalan sunnah yang dapat anda lakukan selanjutnya adalah memperbanyak sedekah. Saling berbagi perlu dilakukan bukan hanya pada saat bulan ramadhan saja, karena islam selalu mengajarkan umatnya untuk memperbanyak sedekah. Bukan hanya amalannya saja yang dilipat gandakan oleh Allah SWT, tetapi sedekah juga merupakan penggugur dosa serta Allah akan mengganti setiap sedekah yang kita keluarkan 100 kali lipat lebih banyak.

3. Sholat Tarawih

Qiyamul Ramadhan yakni sholat tarawih dapat kita lakukan di rumah sekalipun, tetapi jika kita tidak berhalangan dan mampu untuk melakukannya di masjid, sebaiknya dilakukan secara berjamaah dan di masjid. Tarawih dilakukan setelah sholat isya’ dan biasanya dilakukan dengan jumlah rakaat 20 serta 3 rakaat untuk witir. Ataupun 8 rakaat tarawih dan 3 rakaat witir.

4. I’tikaf Di Masjid

I’tikaf yang berarti menetap dimaksudkan yaitu menetap di masjid dengan tata cara khusus dan disertai niat. Dengan Ber’Itikaf kita dapat melakukan sholat dan zikir di masjid, tetapi pada umumnya I’tikaf hanya dianjurkan untuk kaum lelaki.

5. Makan Sahur

Makan sahur adalah suatu hal yang disunnahkan dan dianjurkan dalam setiap berpuasa. Karena dalam setiap makan sahur tentu akan membawa keberkahan, meskipun hanya dengan segelas air putih sekalipun. Dan ketika makan sahur ini jugalah kita dianjurkan untuk membaca niat berpuasa.

6. Menyegerakan Waktu Berbuka Puasa

Berbuka puasa dilakukan ketika mulai terbenamnya matahari dengan diawali dengan meminum segelas air putih dan juga mengawalinya dengan memakan buah kurma. Menyegerakan waktu berbuka puasa ketika adzan magrbh mulai berkumandang merupakan suatu kebaikan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

7. Memberi Makan Orang Yang Berbuka

Memberi makan orang yang berbuka puasa dapat kita lakukan dengan makanan atau minuman apapun. Hal ini seperti dapat kita lihat di masjid atau tempat-tempat lain yang selalu menyediakan minuman atau makanan berbuka puasa seperti kolak, es buah, dan lainnya. Nahh, kita juga dapat melakukannya dengan tetangga atau orang di sekitar rumah kita ya, saling berbagi makanan berbuka puasa tentu akan menjadikan kita merasa bahagia.