Hal-hal Penting Saat Mencari ART Sementara Saat Lebaran

0
353
asisten rumah tangga

Hari raya Idul Fitri akan segera tiba membuat semua orang ingin berkumpul dengan keluarga. Mudik menjadi kebutuhan bagi umat muslim dalam rangka menyambung silaturahmi dan momen berkumpul. Asisten rumah tangga biasanya akan mudik ketika mendekati lebaran. Ditinggal mereka bukan hal mudah, karena anda akan mengurus semua hal sendiri.

Anda akan berhadapan dengan kondisi mengurus rumah, anak, mengatur keuangan, dan segala hal terkait Idul Fitri. Apabila anak anda telah dewasa akan tentu lebih mudah karena ada pembagian tugas. Berbeda dengan anda yang memiliki anak kecil akan semakin repot. Sehingga anda memerlukan asisten rumah tangga sementara saat lebaran.

Mungkin anda bisa mendapatkan jasa asisten rumah tangga sementara dengan mudah dari jasa penyalur agen. Namun, menentukan siapa orang yang tepat tidak mudah. Anda tentu tidak akan sembarang mempekerjakan orang tanpa tahu latar belakangnya. Perhatikan tips-tips penting berikut ini saat mencari asisten rumah tangga sementara untuk lebaran.

5 Tips Mencari Asisten Rumah Tangga Sementara Saat Lebaran

1. Memilih Penyalur Terpercaya

Apabila anda masih ragu mencari asisten rumah tangga sendiri atau dengan bantuan lain, solusinya menghubungi jasa penyalur. Anda dapat memilih penyalur yang berbadan hukum resmi. Sebab lebih terpercaya dan jasa yang ditawarkan biasanya profesional dan berpengalaman.

Disamping itu apabila kinerjanya buruk akan  mempermudah komplain langsung kepada penyalur. Penyalur jasa asisten rumah tangga tersebut biasanya selalu ramai dikunjungi ketika bulan Ramadhan.

2. Cek Identitas dan Latar Belakang

Sebelum memutuskan asisten mana yang akan membantu anda, sebaiknya terlebih dahulu melakukan wawancara. Beberapa hal penting yang wajib anda ketahui diantaranya :

  • Latar belakang,
  • Kartu Tanda Penduduk,
  • Keluarga,
  • Nomor telepon darurat keluarga.

Alasan mengapa anda harus repot-repot mengetahui lima poin diatas sebagai informasi saat situasi darurat yang mungkin terjadi. Contohnya jika asisten bersangkutan kabur atau melakukan pencurian di rumah.

Sementara itu, penting juga mengetahui riwayat kesehatan calon asisten. Bagaimana ketahanan fisiknya akan memberi gambaran kinerja mereka. Lalu bagaimana riwayat penyakitnya, apakah tergolong menular atau tidak. Hal tersebut penting karena mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati.

3. Pastikan Telah Memiliki Pengalaman

Pengalaman kerja mereka juga dapat menjadi acuan bagi anda ketika memilihnya. Telusuri apa saja keahlian yang calon asisten miliki saat bekerja dirumah. Seberapa lama dia telah berpengalaman menjadi asisten rumah tangga. Serta penting untuk mengetahui jam kerja mereka agar dapat menyesuaikan dengan kondisi rumah anda saat lebaran.

4. Menentukan Jangka Waktu Kerja Asisten Rumah Tangga

Sejak awal datang ke penyalur, anda harus memberi tahu seberapa lama mereka akan bekerja pada anda. Apakah itu dalam kurun waktu harian/mingguan/bulanan. Selain itu, anda juga harus menentukan berapa jam mereka bekerja. Apakah asisten rumah tangga tersebut menginap atau hanya dipekerjakan dari pagi hingga sore.

Anda wajib memberikan gambaran detail waktu kerja, kemudian menyepakatinya dengan jasa penyalur. Sebaiknya menggunakan jasa mereka sesuai kebutuhan anda, jangan melebihi batas yang telah disepakati. Apabila calon asisten berasal dari wilayah kota lain, anda wajib menyediakan kamar sehingga nyaman dan lancar bekerja.

5. Perjanjian Tertulis Antara Kedua Pihak

Setelah anda menentukan pilihan siapa yang akan menjadi asisten rumah tangga sementara, maka wajib ada hitam diatas putih. Artinya membuat perjanjian secara tertulis antara anda dan pihak penyalur.

Perjanjian tersebut melindungi anda dan penyalur jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya asisten kabur atau melakukan perbuatan melanggar hukum. Anda memiliki kekuatan untuk menggugat penyalur bersangkutan.