4 Langkah yang Perlu Diterapkan Agar Jadi Anak Berakhlak

3
229
anak berakhlak

Sebagai orangtua sudah seharusnya Anda mendidik anak-anak agar mereka berakhlak baik. Hal ini sudah tercantum dalam QS. At-Tahrim ayat 6 yang artinya

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka”.

Apapun pekerjaan dan jabatan yang dimiliki, mendidik anak merupakan sebuah kewajiban yang perlu dilakukan oleh kedua orangtua. Sebab tanpa adanya akhlak yang baik, semua pencapaian yang didapatkan oleh anak nantinya tidak akan ada kebaikannya.

Lalu, bagaimana cara dan langkah untuk mendidik anak berakhlak islami?

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut:

1. Mulai dengan memberikan pemahaman yang baik

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah bimbing anak tersebut dengan pemahaman yang baik tentang akhlak terpuji dan akhlak tercela. Ajarkan juga kepada mereka tentang konsekuensi jika mereka berakhlak baik dan apa akibatnya jika mereka berperilaku buruk.

2. Berikan mereka contoh yang baik dan teladan

Contoh dan teladan dari orang tua merupakan hal yang sangat penting untuk mengajarkan anak kita tentang akhlak yang baik dan buruk. Konsistensi penting untuk membentuk akhlak anak. Anak-anak akan dengan sendirinya mencontoh perilaku baik yang dimiliki kedua orangtuanya.

3. Biasakan mereka untuk berakhlak baik

Akhlak islami dan terpuji harus dimulai dari aktvitas baik yang dilakukan secara berulang yang akhirnya menjadi kebiasaan. Anak yang diberikan pemahaman tanpa pembiasaan di dalam diri mereka akan sangat sulit menunjukkan perilaku yang terpuji dalam kehidupan sehari-hari.

4. Ajarkan mereka ilmu tentang agama

Ilmu agama merupakan pelajaran yang perlu diajarkan kepada anak-anak sejak dini sebagai fondasi. Sebab ilmu inilah yang akan menjadi bekal dan akan digunakan oleh mereka nanti dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Ada banyak hal yang bisa orangtua ajarkan kepada anak-anak mulai dari membaca Al-Quran, mengajarkan mereka sholat wajib 5 waktu, ajarkan mereka tentang halal dan haram, dan hal-hal dasar berkaitan tentang Islam yang lain.

Jika orangtua tidak bisa mengajarkan mereka tentang ilmu agama yang mendalam, pendidikan formal berbasis agama dan pesantren bisa menjadi salah satu alternatif. Agar pengetahuan tentang agama yang mereka miliki luas dan kuat.

Demikianlah 4 langkah mudah yang bisa kita terapkan agar anak-anak memiliki perilaku dan akhlak yang Islami. Mulailah menerapkan 4 langkah di atas sejak dini dan segera agar mereka terbiasa dan mudah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga informasi di atas memberikan banyak manfaat.

Selamat mencoba!

3 COMMENTS