8 Kiat Menyapih dengan Cinta

2
624
menyapih

Kunci utama dari menyapih dengan cinta atau weaning with love adalah kerelaan Bunda dan anak untuk mengakhiri kegiatan menyusui ini. Jadi yang perlu untuk digarisbawahi adalah tidak ada paksaan untuk si Kecil menghentikan kebiasaannya menyusu.

Untuk itulah jika ada anjuran untuk mengolesi daerah areola Bunda dengan buah mengkudu ataupun obat merah agar si Kecil tidak ingin menyusui lagi, sebaiknya Bunda mengabaikannya. Menyapih anak dengan cara tersebut bukanlah cara yang benar.

Karena akan timbul dalam diri anak ia merasa dipaksa untuk melakukan dan tidak melakukan sesuatu. Ia akan merasa dipakas memenuhi keinginan orangtuanya dan mengabaikan keinginan si Kecil.

Nah, untuk menyapih anak dengan penuh cinta, lakukanlah hal-hal berikut:

1. Kurangi frekuensi menyusui secara bertahap

Dimulai pada siang hari sampai malam hari. Saat inilah waktu yang sangat tepat untuk mengenalkan si Kecil pada sesuatu yang baru. Selain itu, di siang hari biasanya anak lebih banyak beraktivitas, jadi kemungkinan dia untuk meminta ASI pun berkurang.

2. Coba makanan pendaping ASI

Cobalah untuk menambahkan pemberian makanan pendamping ASI sebanyak 3 sampai 4 kali sehari untuk mengurangi pemberian ASI pada siang hari. Bunda bisa mulai menambahkan variasi makanan padat yang biasa si kecil konsumsi seperti bubur tim, pisang, dll.

3. Tetapkan satu tempat menyusui

Tetapkan satu tempat menyusui, misalnya saja hanya di kamar atau sebelum tidur. Hal ini berguna supaya si kecil tidak meminta ASI di sembarang tempat sekaligus untuk mengajaknya belajar mengenal aturan yang berlaku di rumah.

4. Tunjukan perhatian dan kasih sayang

Selalu tunjukkan perhatian dan juga kasih sayang Bunda selama proses menyapih ini. Misalnya dengan cara lebih sering mendekap atau mencium anak agar dia tahu bahwa Bunda tetap menyayangi dia.

5. Bulatkan tekad, Bunda pasti bisa

Bila Bunda merasa ragu untuk menyapih anak, maka Bunda akan mengalami kesulitan sendiri. Selain itu keraguan Moms akan terbaca oleh anak dan hasilnya anak tidak akan rela untuk disapih.

6. Pastikan kondisi sedang sehat

Pastikan kondisi buah hati sedang sehat saat menyapih. Dalam keadaan sakit dia akan semakin membutuhkan kelekatan dan dukungan dari Bunda.

7. Ajak si Kecil berdiskusi

Berikan penjelasan kepada anak alasan kenapa dia harus disapih sekarang. Misalnya saja Moms bisa mengatakan bahwa dia sudah besar atau lainnya.

8. Ajak si Kecil berkativitas

Ganti aktivitas menyusui ini dengan cara membacakan buku ataupun mendongeng untuk anak sebelum tidur. Moms juga bisa mengganti kegiatan menyusui ini dengan memberikan pijatan dan usapan yang penuh kelembutan supaya si kecil dapat tertidur.

Nah, demikian beberapa cara untuk menyapih. Apakah Bunda mempunyai cara lain untuk menyapih? Yuk, share di sini.

2 COMMENTS