9 Kiat Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa

0
36

Berpuasa tak hanya sebagai momentum untuk meningkatkan spiritualitas kepada Allah Swt, tetapi juga memberikan manfaat yang sangat besar untuk tubuh kita. Beberapa diantaranya seperti meningkatkan imunitas tubuh, menstabilkan kinerja alat pencernaan, menurunkan berat badan dan bahkan untuk menjaga kesehatan jantung.

Setengah perjalanan sudah puasa Ramadhan kita tahun ini. Meskipun manfaat puasa besar bagi kesehatan, beberapa dari kita mungkin mengalami keluhan kesehatan karena berbagai sebab.

Nah, berikut untuk menjaga kesehatan selama puasa dengan:

Atur Pola Tidur

Selama berpuasa kita harus bangun lebih awal minimal 1 – 2 jam sebelum memasuki waktu Shubuh untuk persiapan sahur. Antisipasinya tidurlah yang cukup dan hindari aktivitas begadang jika tidak diperlukan. Jika memiliki waktu luang, disarankan untuk tidur siang atau sore selama 1-2 jam karena dapat menyegarkan tubuh dari rasa lelah.

Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Saat sahur kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan
bergizi, salah satunya yang mengandung karbohidrat
kompleks seperti roti gandum, nasi merah, oatmeal, jagung, singkong dan ubi yang akan membantu mengenyangkan tubuh lebih lama hampir 8 jam.

Perbanyak Serat Dengan Sayur-mayur dan Buah-buahan

Konsumsilah buah-buahan dan sayur mayur akan melancarkan proses metabolisme dalam tubuh kita.

Memperbanyak Minum Air Putih

Minuman yang menyehatkan seperti air mineral dapat menggantikan cairan yang hilang dan dehidrasi ketika sahur dan berbuka. Konsumsilah minimal 8-12 gelas sehari.

Kurangi Konsumsi Hidangan Manis

Berbuka dengan yang manis disarankan karena gula dapat membantu memberikan energi usai menunaikan ibadah puasa selama seharian asalkan tidak berlebihan. Yang kurang direkomendasikan jika dikonsumsi di waktu sahur karena akan berefek mendatangkan rasa lapar. Untuk itu alangkah baiknya jika Ayah dan Bunda mengurangi konsumsi kopi dan teh karena dapat mempercepat datangnya dehidrasi dan timbulnya rasa haus.

Hindari Makanan Berminyak

Berbuka dengan gorengan memang sungguh menggoda tetapi tau nggak sih, konsumsi gorengan yang berlebihan tidak menyehatkan apalagi jika menggunakan minyak yang sudah digunakan berulang-ulang kali. Minyak goreng juga merupakan pemicu timbulnya kolesterol tinggi

Lakukan Olahraga Ringan

Berpuasa bukan berarti kita bersikap malas-malasan, justru kita harus menyusun strategi agar dapat beraktivitas seperti sediakala dengan menyesuaikan kondisi tubuh. Caranya dengan melakukan olahraga ringan di pagi hari atau di waktu menjelang berbuka puasa seperti jalan kaki, bersepeda, yoga atau jogging ringan yang tidak membuat kondisi tubuh dehidrasi.

Berbuka Secukupnya

Hindari sikap lapar mata ketika membeli makanan untuk
berbuka puasa. Makanlah secukupnya, jangan berlebihan alias sampai kekenyangan. Karena jika langsung mengonsumsi dalam jumlah banyak akan membuat perut kita terasa begah atau kekenyangan efeknya hadirkan rasa tak nyaman ketika shalat.

Saat berbuka awali dengan minuman dan makanan kecil. Kemudian agar kita bisa tetap menunaikan ibadah Maghrib dan Tarawih tanpa rasa kantuk karena kekenyangan, kita bisa menyantap makanan berbuka tersebut usai menunaikan shalat.

Konsumsilah Multivitamin Untuk Kesehatan Tubuh

Selain mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, sempurnakan dengan menyantap multivitamin dan madu untuk menambah vitalitas tubuh.

Semoga Allah senantiasa menjaga kesehatan tubuh kita.
Aamin!