Alhamdulillah, Kini Dengarkan Murottal Bisa Pakai Asisten Google

37
616

Asisten Google berbahasa Indonesia telah diluncurkan oleh Google pada 2 April 2018. Kali ini Google menggandeng beberapa perusahaan untuk mengintegrasikan aplikasi lain dalam machine learning ini. Salah satu dari 7 perusahaan yang dapat digunakan dengan perintah suara dari Asisten Google adalah Al Qolam.

Al Qolam menjadi satu-satunya aplikasi di Asisten Google yang tersedia dengan konten agama. Hanya dengan mengatakan “Oke Google”, lalu katakan “Bicara dengan Al Qolam” maka suara asisten virtual ini akan memandu kita dan memutar apa yang kita inginkan.

Pengguna bisa mendengar murottal dari suara Mishari Rasyid serta terjemahan ayatnya, doa-doa harian, ayat-ayat tematik, bahkan kita bisa membantu pengguna untuk belanja produk-produk Al Qolam atau sekedar melihat ulasan produk dengan perintah suara.

Integrasi Al Qolam yang dapat diakses melalui Asisten Google sesuai dengan misi Al Qolam untuk melakukan syi’ar agama Islam. Melalui Asisten Google, umat muslim dapat membaca dan mendengar murottal di mana saja dan kapan saja, tentu dengan tetap mengindahkan adab-adab dalam membaca kitab suci ini.  

Berdasarkan hasil riset Institut Ilmu Al Quran (IIQ) bahwa angka buta huruf Al Quran di negara kita mencapai angka 65% dari total penduduk yang beragam Islam. Harapannya, dengan hadirnya Al Qolam di salah satu kemajuan teknologi besutan Google ini dapat menurunkan angka buta huruf tersebut.

Ke depannya, Al Qolam akan melakukan pengembangan untuk konten di Asisten Google berupa layanan pelanggan (customer service). Harapannya, layanan pelanggan melalui Asisten Google dapat memudahkan pelanggan dalam menjangkau pelayanan dari Al Qolam yang lebih interaktif dan responsif demi menjaga kepuasan pelanggan.  

Cara mengaktifkan Google Assistant  

Asisten yang interaktif dan berbahasa Indonesia ini mampu dijalankan oleh smartphone dengan sistem minimal android 5.0 Lollipop. Sedangkan untuk pengguna smartphone keluaran Apple, minimal menggunakan sistem iOS 9.1.

Untuk mengaktifkan perintah suara dari Google Assistant lakukan hal berikut:

  1. Update aplikasi Google Assistant/Google Allo
  2. Tekan tombol Home dalam beberapa detik hingga masuk ke Google Assistant
  3. Jika Asisten Google muncul dalam Bahasa Inggris, klik ikon pada kanan atas
  4. Klik titik 3 di kanan atas
  5. Pilih Settings > Phone > Assistant Language > Klik Go To Language Preferences > Pilih Bahasa Indonesia

Sekarang, Anda sudah bisa menggunakan Asisten Google dengan memencet tombol Home dalam beberapa detik (long press) untuk mencoba mengajak Asisten Google berbincang. Setelah muncul halaman Asisten Google, klik ikon microphone dan katakan “Oke Google” lalu katakan “Bicara dengan Al Qolam”.

Setelah Asisten Google menyahut percakapan Anda, sebutkan surah yang ingin Anda dengarkan. Misal “Putar surah Al Fatihah dong” atau “Murottal”. Dan Asisten Google pun akan memandu Anda dengan interaktif.

Selamat mencoba!

37 COMMENTS