Tantangan Orangtua Mendidik Anak di Jaman Sekarang

2
93
mendidik anak

Assalamu’alaikum,

Alhamdulillah kita panjatkan kepada pemilik seluruh alam dan semesta ini yaitu ALLAH SWT.

Tidak lupa juga kita kirimkan Sholawat serta salam kepada jungjungan Nabi besar kita NABI MUHAMMAD SAW.

Saudara-saudariku sekalian, sudah tak asing lagi di mata kita, di kehidupan kita melihat perilaku-perilaku anak zaman ini (dari remaja bahkan anak-anak usia Balita) dengan gaya yang sudah bukan selayaknya anak-anak. Hal ini terjadi karena seiring berkembangnya zaman dan segala kemodernannya yang tiba dari waktu ke waktu.

Semakin hari semakin banyak pula anak-anak yang makin jauh dari semakin jauh dari interaksinya di dunia nyata.  Salah satunya, karena mereka sudah di-fasilitasi dengan smartphone oleh orangtua masing-masing.

Melalui smartphonelah anak-anak itu dapat mengakses apa saja yg mereka inginkan, jika orangtua tidak memanfaatkan fungsi Parental Control. Contoh kecilnya, ketika sedang membludaknya film drama Korea di kalangan remaja (17+) anak-anak dibawah umur tersebut pun ikut-ikutan menonton dan bahkan tahu banyak judul dari film-filmnya.

Kita perlu ingat, anak adalah peniru ulung. Dari apa yang ditonton dan apa yang didengar, ia bisa meniru mulai dari gaya berbicara, gaya bertingkah, dan sebagainya.

Nah, kita perlu sadari bahwa smartphone bukanlah mainan untuk anak. Orangtua perlu tegas dan bijak terkait dengan hal ini. Jika dengan alasan orangtua memberikan smartphone bagi anak untuk kemudahan komunikasi. Ada banyak cara lain, agar anak tetap bisa berkomunikasi dengan orangtua.

Jika alasan orangtua memberikan smartphone agar anak bisa bermain games yang ada di dalamnya. Lebih baik berilah anak-anak mainan yang bermanfaat, dan sebagai fasilitas untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak. Karena saat ini sudah banyak media yang membantu orangtua yang edukatif, membentuk generasi Qur’ani, cerdas, sholeh dan sholehah.

Alqolam menyediakan berbagai mainan edukatif sebagai media belajar mengaji dan bernyanyi seperti Smart Hafiz, Hafiz & Hafizah Talking Doll, Hafiz Junior, Learning Skill With Ressa dan masih banyak yg lainnya.

Akhir kata “Orangtua pintar pasti tahu fasilitas yang baik untuk anaknya”.

Follow IG saya di @isproject.co_smarthafiz