Tips Menjadikan Anak Memiliki Sifat Syukur

0
531
syukur

Di zaman sekarang yang sedang berkembang pesatnya teknologi membuat masyarakat mudah dalam mengakses informasi melalui media sosial.

Didalam media sosial yang populer dimasyarakat sekarang ini sering kita lihat banyak pengguna media sosial dalam memamerkan bentuk kemewahan, kekuasaan dan kekayaan yang membuat para pengguna lain yang mengkonsumsi konten tersebut menginginkan hal yang sama dengan yang ada pada media sosial.

Sehingga hal tersebut menjadikan seorang berkurang rasa syukurnya atas nikmat yang sudah dimilikinya apabila sewaktu kecil orang tuanya tidak melakukan kiat-kiat agar menjadikan anaknya menjadi anak yang bersyukur. Diantara kiat-kiat tersebut antara lain:

1. Mengajak anak berbagi kepada yang membutuhkan

Selain dianjurkan oleh Allah dan Rasul-Nya, berbagi memiliki dampak psikologis bagi seseorang ketika dia berbagi bahwasanya dia masih bisa memberi karena diberikan nikmat berupa rezeki yang lebih dibanding dengan yang lain yang kurang dalam memenuhi keperluan hidupnya.

Sehingga timbul rasa syukur dari orang tersebut karena telah berbagi kepada yang lain yang lebih membutuhkan. Oleh sebab itu mengajak anak dalam berbagi sebenarnya mengajarkan anak secara langsung untuk senantiasa selalu bersyukur.

2. Ajarkan dan contohkan anak dalam hidup sederhana

Hidup sederhana membuat kita tidak terlalu berlebihan dalam menggunakan rezeki yang telah diberikan Allah SWT kepada kita sebagai wujud rasa syukur kita terhadap apa yang telah di berikan Allah SWT. Dan agar anak-anak kita menjadi anak yang bersyukur ketika mendapat nikmat berupa rezeki yang berlimpah kita contohkan sikap hidup sederhana agar seorang anak kelak mencontoh hidup sederhana dari orang tuanya.

3. Ajarkan dan ingatkan anak untuk selalu bertakwa kepada Allah SWT

Bertakwa kepada Allah adalah cara menjadi orang yang bersyukur, sebagaimana Allah berfirman :

“Dan sungguh, Allah telah menolong kamu dalam perang Badar, padahal kamu dalam keadaan lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, agar kamu mensyukuri-Nya.” (QS. Ali ‘Imran (3) : 123).

Seperti yang kita tau takwa menurut istilah melaksanankan perintah Allah dengan sebaik-baiknya dan menjauhi larangan Allah dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya sebagai wujud rasa syukur kita terhadap nikmat yang telah Allah berikan. Perintah dan laranagn Allah itu pada hakikatnya untuk kebaikan kita sendiri dalam melalui kehidupan di dunia ini.

4. Ceritakan kisah nabi dan tokoh teladan lain mengenai rasa syukur

Bercerita kisah teladan nabi dan tokoh teladan lain khususnya mengenai rasa syukur merupakan salah satu cara yang efektif dalam menjadikan anak menjadi anak yang teladan dan memiliki sifat bersyukur karena seorang anak akan menjadikan tokoh itu menjadi role model dalam kehidupan sehari-hari.

5. Ajarkan mengenai rasa syukur itu sendiri

Agar lebih baik dalam memiliki rasa syukur, seorang anak sebaiknya diberikan pemahaman mengenai rasa syukur itu sendiri sehingga seorang anak lebih paham mengenai apa yang telah dilakukannya dalam bersyukur. Serta mengejarkan dampak dari sifat syukur itu sendiri.