Anak Pemalu? Ini 4 Cara Menumbuhkan Sikap Percaya Diri-nya

4
394

Anak pemalu bisa karena beberapa alasan dan penyebab. Jika hal ini terjadi pada anak Anda, jangan terlalu khawatir dan takut menyikapinya Sebagai orangtua, Anda bisa mengajarkan mereka untuk menumbuhkan sikap percaya diri secara perlahan-lahan.

Bagaimana caranya? Berikut ini penjelasannya lebih lanjut:

1. Temukan Kegiatan Atau Aktivitas yang Mereka Sukai

Masing-masing anak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sebagai orangtua jangan hanya fokus dengan kelemahan anak. Mulailah mencari tahu apa saja kelebihan yang dimiliki oleh anak Anda.

Dengan melakukan aktivitas yang mereka sukai dan ia ternyata berbakat di bidang tersebut, perlahan-lahan akan membuat anak ahli dalam bidang tersebut dan bisa membuatnya lebih percaya diri.

2. Ajak Mereka Menentukan Cita-Cita

Ajarkan kepada anak untuk memiliki cita-cita setinggi langit dan bimbing mereka untuk berusaha menggapai impiannya tersebut. Tawarkan beberapa alternatif dari cita-cita yang bisa mereka gapai dan bantu mereka dengan gambaran tentang cita-cita tersebut.

Jika anak Anda ingin menjadi orang yang ahli beladiri, maka daftarkan mereka untuk masuk ke dalam kelas beladiri. Berikan motivasi kepada mereka untuk senantiasa rutin melakukan aktivitas yang mereka sukai.

Mulailah dengan mengikuti kompetisi pertandingan lokal untuk mengajarkan anak kompetisi yang sehat. Jika mereka mampu memenangkan salah satu pertandingan, maka rasa percaya diri di dalam diri mereka akan berkembang.

3. Ajak Mereka Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik yang dilakukan tidak hanya mampu menyehatkan tubuh anak Anda, tetapi juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mental mereka. Aktivitas fisik bersama dengan teman-teman mereka bisa memungkinkan anak-anak meningkatkan keterampilan sosialnya.

4. Jangan Ragu Bermain Dengan Anak Anda

Kontak fisik dan dukungan emosional sangat diperlukan oleh anak-anak yang masih berada dalam tahap perkembangan. Sisihkan waktu Anda untuk mendengarkan cerita mereka dan ajak mereka untuk terlibat dalam aktivitas fisik di rumah.

Aktivitas fisik yang dilakukan bisa melatih kemampuan anak Anda bekerja sama, kemampuan memecahkan masalah, dan belajar mengekspresikan diri secara bebas.

Melalui 4 langkah sederhana di atas, Anda bisa melatih anak untuk menumbuhkan sikap percaya diri yang ada di dalam diri mereka. Lakukan 4 aktivitas tersebut secara konsisten dan berkelanjutan untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan optimal.

Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas berkaitan tentang cara menumbuhkan sikap percaya diri pada anak bisa membantu.

Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini, jika Anda merasa informasi di atas memiliki manfaat bagi banyak orang.

Semoga menginspirasi!

4 COMMENTS