Dampak Positif Anak Cemburu dengan Saudara yang Lain

0
131
anak cemburu

Anak cemburu dengan saudara yang lain merupakan hal yang sangat wajar dan biasa terjadi di dalam keluarga. Cemburu yang muncul bisa dikarenakan salah seorang saudaranya merasa lebih diperhatikan oleh kedua orang tua. Padahal dalam kenyataannya tidak ada orang tua yang membeda-bedakan anak-anak, bukan?

Najeela Shihab yang merupakan seorang psikolog mengungkapkan bahwa Ayah dan Bunda tidak perlu terlalu khawatir saat hal ini terjadi. Kecemburuan yang terjadi antar saudara bisa berdampak positif yaitu mengajarkan mereka untuk bersosialisasi lebih baik lagi.

Namun, jika Ayah dan Bunda sudah terlanjur khawatir dan tidak ingin salah seorang anak merasa cemburu. Berikut ini penjelesannya mengapa perasaan cemburu muncul dan cara menyikapi mereka:

Adanya perasaan terancam

Perasaan cemburu yang terjadi pada anak-anak bisa dikarenakan adanya perasaan terancam akan kehilangan sesuatu karena orang lain yang dianggapnya rival. Seperti yang telah kami sampaikan di atas, objek kecemburuan pada anak bisa dikarenakan perbedaan kasih sayang dan perhatian yang diberikan.

Jika hal ini sudah terjadi, apa yang perlu dilakukan?

1. Ajak sang kakak merasa bertanggung jawab dengan adiknya

Jika perasaan cemburu muncul didalam diri seorang kakak, maka sebagai orangtua kita harus mengajak sang kakak untuk ikut bertanggung jawab dengan adiknya. Caranya adalah dengan meminta sang kakak menghibur adiknya saat ia menangis, ajak sang kakak mengajari adiknya yang belum bisa melakukan sesuatu, membantu adiknya mencari buku yang hilang, dan mengingatkan adik untuk belajar dan membuat PR.

2. Dengarkan anak Anda

Jika adik atau kakak membuat saudara yang lainnya merasa kesal, maka dengarkan keluhan mereka dengan baik. Contohnya seperti ini, anggap saja si adik membuat kamar kakak berantakan, maka ibu bisa mengajak adik membereskan kamar yang berantakan tersebut.

Jangan mengatakan kepada sang kakak bahwa hal tersebut biasa karena adik masih kecil, sebab hal ini bisa membuat sang kakak merasa cemburu.

3. Berikan sentuhan fisik ke semua anak Anda

Jangan hanya memberikan ciuman dan pelukan kepada salah seorang anak saja, berikan sentuhan fisik kepada semua anak. Saat Ayah dan Bunda pilih-pilih dalam memberikan sentuhan fisik, maka salah seorang anak akan menganggap orangtua mereka tidak adil.

4. Terapkan nilai-nilai dan aturan di dalam keluarga

Penting di dalam keluarga Anda untuk menerapkan nilai-nilai dan aturan yang menjadi batasan agar anak-anak saling  memahami. Ini bermanfaat agar mereka saling menyayangi dan tidak saling mengolok-olok satu dengan yang lainnya.

Nah, keempat langkah di atas bisa Ayah dan Bunda terapkan saat terjadi kecemburuan diantara kakak dan adik di dalam keluarga. Semoga informasi di atas bisa membantu Ayah dan Bunda menghadapi masalah anak-anak yang saling cemburu.