Hati-hati!! Banyak Kasus Bayi Meninggal Di Dalam Mobil

3
1096

Ayah dan Bunda, apakah kita pernah meninggalkan si Kecil di dalam mobil sendirian?Apakah terjadi sesuatu dengan si Kecil? Jika tidak, Ayah dan Bunda patut bersyukur. Karena beberapa kasus ditemukan di berbagai belahan dunia, bayi ditemukan meninggal, atau minimal dalam keadaan lemas di dalam mobil.

Saat kita melihat si Kecil sedang terlelap tidur, Ayah dan Bunda terkadang memilih untuk meninggalkan mereka di mobil agar si Kecil tak terganggu tidurnya. Tapi Ayah dan Bunda perlu ingat bahwa mobil dapat terkunci kapan saja dan si Kecil tak bisa keluar dari mobil sendiri, bukan?

Berikut 5 kisah bayi yang terkunci di dalam mobil, agar Ayah dan Bunda dapat berpikir berulang kali saat akan meningalkan si Kecil di mobil, meskipun hanya semenit.

  1. Bayi 5 bulan dikunci si Ayah dalam mobil

Beberapa hari yang lalu (13/8) beredar video di Facebook Singapura yang merekam tim medis yang sedang menyelamatkan bayi berusia 5 bulan di dalam mobil. Menurut keterangan ayahnya, si bayi ditinggal selama 20 menit dengan kondisi AC di dalam mobil tetap menyala. Meskipun tidak terjadi apa-apa dengan bayi, tapi jika ia tak diingatkan orang lain lain yang melihat bayi tersebut di dalam mobil, bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan pada si bayi dalam beberapa waktu ke depan.

  1. 2 balita meninggal karena kelalaian ibu

Kejadian ini terjadi di Texas, Amerika Serikat pada Agustus 2017 beberapa hari lalu. Dua orang anak berusia 2 tahun dan 1 tahun ditemukan meninggal setelah beberapa jam di dalam mobil yang berkondisi panas. Saat kejadian, suhu di luar sekitar 35,5 derajat celcius, sedangkan di dalam mobil lebih dari itu.

  1. Lagi, 2 balita tidak sadarkan diri di dalam mobil kemudian meninggal

Bulan lalu, 6 Juni 2017,  2 orang balita ditemukan tidak sadarkan diri setelah beberapa jam di dalam mobil yang terkunci. Beberapa saat setelah ditemukan, si Ibu membawanya ke rumas sakit. Kedua orang anak tersebut meninggal dunia saat tim medis berusaha untuk membangunkannya.

  1. Orangtua mampir makan, anak 5 tahun ditemukan lemas di mobil

April 2017,  seorang anak berusia 5 tahun ditemukan lemas di dalam mobil di daerah Otista, Jakarta. Kedua orangtuanya meninggalkan si anak sendirian di dalam mobil untuk makan. Mereka mengatakan saat akan turun dari mobil, si anak tertidur pulas di kursi belakang sehingga mereka tidak tega untuk meninggalkannya. Akhirnya mereka meninggalkan anak di mobil dalam kondisi mesin mati dan ac menyala, tanpa mengunci pintunya. Namun, ketika mereka kembali, kunci mobil terkunci dan si anak terlihat dalam kondisi lemas.

  1. Lupa, anak terkunci di mobil dan meninggal

Kejadiaan ini di Malaysia, saat seorang ayah lupa bahwa anaknya diletakkan di kursi belakang saat ia pergi bekerja. Niatnya, ia akan mengantarkan si anak ke perawat anak sebelum ia ke kantor. Tapi ia lupa. Sampai di kantor pun ia tak mengecek kursi belakang. Setelah beberapa jam, setelah si perawat anak menanyakan keberadaannya, si ayah langsung mengecek ke dalam mobil. Tapi si anak sudah ditemukan dalam kondisi meninggal.

Resiko besar meninggalkan anak di dalam mobil

Ayah dan Bunda, jangan pernah meninggalkan si Kecil sendirian di dalam mobil meskipun hanya semenit atau dua menit, karena ini sangat berbahaya dan hal fatal dapat terjadi. Beberaha hal yang perlu diwaspadai:

  • Suhu tubuh bayi dapat meningkat 4 kali lebih cepat dari tubuh orang dewasa
  • Suhu mobil dapat meningkat sangat cepat. Hanya dalam 10 menit, suhu mobil dapat meningkat hingga 20 derajat Farenheit
  • Serangan jantung atau hyperthermia dapat terjadi jika tubuh tak bisa menstabilkan suhu tubuh secara cepat. Ini dapat menyebabkan kerusakan otak hingga kematian.

Cegah sebelum terjadi

  • Jangan pernah meninggalkan anak sendiri di dalam mobil, meskipun hanya satu menit
  • Selalu lihat isi mobil, khususnya jok belakang sebelum meninggalkan mobil
  • Jaga mobil untuk selalu terkunci saat mobil di parkir meskipun itu di garasi di dalam rumah, agar anak-anak tidak bisa masuk ke dalam
  • Jangan biarkan anak bermain-main di dalam mobil yang terparkir
  • Jika melihat anak di dalam mobil sendirian, jangan tunggu lama-lama untuk memberitahukannya ke pemilik mobil

3 COMMENTS