Ini Dia 5 Manfaat Bacaan Al-Qur’an yang Wajib Anda Ketahui

2
1939

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orangtua pasti mendambakan memiliki keturunan yang tidak hanya sehat dalam hal fisik, namun juga cerdas secara intelegensi.

Kesehatan fisik bisa didapatkan dari pemberian nutrisi yang tepat. Sementara kecerdasan seseorang biasanya diperoleh dengan cara merangsang perkembangan otak anak sejak dini.

Kecerdasan ini tentu saja tidak bisa diciptakan secara instan. Kecerdasan seorang anak dibentuk dalam waktu yang lama, sejak sang anak masih berupa janin di dalam kandungan.

Lalu bagaimana cara mencerdaskan janin di dalam kandungan?

Ada sebuah teori kontroversial yang menjelaskan tentang bagaimana membuat otak pada janin berkembang sejak di dalam kandungan.

Sebuah penelitian tentang otak manusia menyebutkan bahwa otak bereaksi terhadap gelombang suara tertentu. Reaksi yang dihasilkan bisa positif dan bisa pula negatif.

Karena itulah para ahli kemudian mulai meneliti hubungan alunan musik dengan otak manusia.

Beberapa ahli menyatakan bahwa musik lembut atau musik klasik yang diperdengarkan secara teratur pada janin mampu menunjang perkembangan otak.

Pernyataan ini begitu berkembang hingga istilah “The Mozzart Effect” kemudian mendunia.

Tapi apakah benar demikian? Ternyata tidak.

Sekelompok peneliti dari University of Vienna di Austria melakukan riset terhadap 3000 partisipan berkaitan dengan dampak musik terhadap tingkat intelegensi seseorang. Hasilnya disebutkan bahwa tidak ada rangsangan peningkatan kemampuan seseorang setelah mendengarkan musik-musik klasik.

Lalu adakah cara lain yang lebih meyakinkan?

Adalah Dr. Al-Qadhi, seorang dokter syaraf di AS melalui serangkaian penelitiannya berhasil membuktikan manfaat bacaan Al-Qur’an.

Disebutkan bahwa bacaan Al-Qur’an yang diperdengarkan secara teratur dapat memberikan hasil yang positif. Tidak hanya pada orang dewasa, namun juga pada bayi, bahkan pada janin yang belum lahir!

Menurut beliau, dan ditunjang dengan penelitian-penelitian setelahnya, bahwa memperdengarkan bacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an pada bayi bisa memberikan hasil positif, diantaranya:

1. Menenangkan kondisi kejiwaan dan menurunkan tingkat stres

Tidak dipungkiri bahwa alunan ayat-ayat Al-Qur’an yang suci memiliki manfaat untuk memberikan rasa damai dan tenang. Bahkan pada orang-orang yang tidak memahami bahasa Arab sekalipun.

Bayi baru lahir yang diperdengarkan bacaan Al-Qur’an memiliki respon yang positif dengan tersenyum dan menjadi lebih rileks.

Konferensi Kedokteran Islam di Amerika Utara tahun 1984 merilis sebuah laporan yang menyatakan bahwa Al-Qur’an yang dibaca dengan rutin dan khusyuk dapat meningkatkan ketenangan jiwa hingga lebih dari 95%.

2. Memperbaiki kemampuan berbahasa

Al-Qur’an adalah produk dari Dzat yang Maha Sempurna. Bahasa yang digunakannya pun merupakan bahasa yang kompleks.

Sehingga dikatakan bahwa mereka yang memahami bahasa Al-Qur’an akan lebih mudah untuk mempelajari bahasa-bahasa lain di dunia.

3. Meningkatkan kreativitas, kemampuan konsentrasi dan membangun kecerdasan otak

Seorang peneliti dari Jepang yang terkenal dengan “Power of Water”-nya mengatakan bahwa air yang telah diperdengarkan lantunan ayat-ayat suci dan kata-kata yang positif membentuk kristal-kristal air yang indah.

Serupa dengan itu, jaringan-jaringan syaraf manusia memiliki koordinasi dan respon yang bagus apabila diperdengarkan lantunan Al-Qur’an.

4. Menangkal berbagai macam penyakit

Masih berhubungan dengan poin pertama, bahwa dalam kondisi jiwa yang tenang dan tanpa tekanan, maka tubuh akan bereaksi dengan lebih sehat.

Inilah kenapa bacaan Al-Qur’an seringkali digunakan sebagai salah satu sarana terapi penyembuhan penyakit-penyakit dalam.

5. Membentuk Inteligent dan Spiritual Quotient

Sebuah alunan musik yang lembut mungkin bisa menenangkan pikiran dan membangun mood. Namun ia tidak berpengaruh terhadap hal-hal positif lainnya.

Berbeda dengan Al-Qur’an yang selain bisa membangun Emotional Quotient (EQ), ia juga mampu membentuk Inteligent Quotient (IQ) serta Spiritual Quotient (SQ) pada diri seseorang.

Jika sebelumnya Anda sangat percaya bahwa musik yang notabene buatan manusia bisa membangun kecerdasan anak-anak Anda,

bagaimana dengan Al-Qur’an yang merupakan ciptaan Dia yang Maha Sempurna?

Semoga artikel ini bermanfaat.

2 COMMENTS