Lupa Bersyukur, Hidup Kita Tidak Pernah Bahagia

3
140

Hai Sahabat Hafiz. Apa kabar? Sudah bersyukur belum hari ini? Alhamdulillah, aku sudang dong. Aku bersyukur hari ini masih diberi Allah badan sehat dan kuat. Bisa sekolah dan main bersama teman. Semoga teman-teman juga, ya…

Manusia memang terlalu sering lupa pada apa yang sudah diberikan Allah ketika punya banyak sekali keinginan. Sudah punya ini pengen itu. Seperti tidak terbendung. Sampai-sampai menuntut orangtua untuk memenuhi keingannya. Sudah punya sepeda biasa, mau minta sepeda listrik. Sudah punya sepatu olaharaga, minta sepatu yang lebih keren. Bunda sudah masak ayam goreng yang lezat, eh kita malah mau makan ayam goreng restoran.
Begitulah, teman-teman, kalau kita ikuti semua keinginan kita, maka kita tidak akan pernah merasa puas.

Banyak kejadian teman-teman kita di luar sana yang gelap mata, gara-gara tidak dibelikan PS orangtua dibacok. Gara-gara tidak dibelikan HP, rela gantung diri. Bahkan yang lebih sadis lagi yang terjadi di Brebes 2014 lalu, karena tidak dibelikan motor anak tega bunuh kedua orangtuanya. Astagfirullah…. Ini memang sifat yang sudah melampaui batas.

So, dengan banyaknya keinginan-keinginan maka itulah sebabnya hati kita tidak pernah tenang dan bahagia. Melihat orang lain punya sesuatu yang baru, kita gelisah. Mungkin dari luar kita terlihat happy dan bisa tertawa, tapi ketika melihat salah satu teman kita memiliki sesuatu yang lebih, maka hati selalu terbawa emosi dan menuntut diri untuk bisa mencapainya. Apabila tidak tercapai, maka inilah penyebab akan terjadinya masalah-masalah negatif di luar batas.

Padahal kalau kita mau bersabar sedikit saja, pasti Allah akan beri jalan untuk kita bisa memenuhi keinginan kita atau paling tidak Allah menggantikannya dengan hal yang lebih bagus dari itu. Kan Allah sudah berjanji di dalam Al-Quran, “Siapa yang mensyukuri nikmat-Ku, maka akan Ku tambahkan nikmat baginya. Dan siapa yang kufur terhadap nikmatKu, sesungguhnya adzab-Ku amat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Oleh sebab itu, ayo kita belajar bersyukur dengan 4 tips ini, insha Allah hati kita jadi tenang dan damai:

1. Lihatlah Orang-Orang yang Tidak Mampu

Melihat orang yang tidak mampu seperti pengemis, pemulung, anaknya seorang pekerja serabutan, dan para pengungsi di wilayah Perang seperti Suriah, Myanmar,  maka kita akan mengetahui bahwa kita jauh lebih beruntung dari mereka.

Ada juataan saudara kita hari ini yang tidak bisa makan enak, tidak memiliki tempat tinggal yang layak, tidur di jalanan, menderita penyakit parah dan kena bencana. Dibanding mereka, tentu kita lebih baik, kan. Pandang dan bayangkanlah jika teman-teman ada di posisi mereka? Apak kita tidak mau bersyukur?

2. Hitung Nikmat yang Kita Terima dari Allah

Allah sudah menganugerahkan nikmat pada tubuh kita sangat banyak sekali. Tidak terhitung. Betapa bahagian hari ini kita masih diberi kesehatan. Sementara teman-teman kita di rumah sakit banayk yang lagi berjuang melawan penyakitnya. Lalu kita diberi tangan, kaki, mata, telinga, mulut, sehingga kita bisa makan makana apa saja dengan lahap. Itu adalah nikmat yang sangat luar biasa. Tapi kita sering melupakannya dan menganggap itu bukan nikmat.

 
3. Selalu Ucap Alhamdulillah

Dengan banyak mengucap kalimat ini, maka kita sudah mengikrarkan bahwa kita sudah bersyukur kepada Allah Swt dan bersabarlah terhadap kebaikan-kebaikan yang akan diberikan kepada kita. 

4. Jangan Berkeluh Kesah!

Nah, ketika di tengah jalan ternyata harapan kita tidak ditunaikan oleh Allah Swt, maka, berabarlah, dan jangan mengeluh. Mulailah lakukan kebiasan-kebiasaan prositif. Allah akan menggantikan semua dari jerih payah dan buah sabar kita dengan sesuatu yang lebih indah dari apa yang kita cita-citakan. Oleh sebab itu, bersyukurlah…

3 COMMENTS

  1. Bersyukur adalah bentuk ke ikhlasan kita kepada Allah subhanahu wata’alla atas apa yg Allah berikan kepada kita bukan dalam bentuk materi (uang, harta)saja tetapi jg atas semua kehidupan yg kita jalani.. dgn bersyukur hati kita pun akan tenang dan bahagia.. Bahagia itu kita yg menentukan apa kita mau bersyukur atau tidak dg apa yg Allah berikan.. Alhamdulillah, Allah yg menuntunku bisa tau ada fans base ini Hafiz FansClub.com bnyk banget artikel2 yg bermanfaat yg bisa ku baca.. semoga berkah yaa buat hafizfansclub