Masih Berpikir Tabungan Pendidikan Anak Tidak Penting?

2
181

Sebagai orangtua, kita memiliki kewajiban bukan hanya memberikan anak-anak makan dan pakaian saja. Orangtua juga diharuskan untuk memberikan mereka pendidikan yang baik sebagai bekal untuk bisa mandiri agar tidak lagi bergantung dengan orangtua.

Saat ini dana pendidikan sangatlah besar dan setiap tahun terdapat kenaikan dana pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini adalah hal yang perlu dipersiapkan oleh kedua orangtua.

Mengapa perlu dipersiapkan sejak dini?

1. Dana yang diperlukan lebih ringan

Jika kita mempersiapkan dana pendidikan mulai dari sekarang, maka dana yang diperlukan tidak akan sebesar jika kita mengeluarkannya nanti saat dibutuhkan.

2. Pendidikan anak lebih terjamin

Saat kita sudah mempersiapkan dana pendidikan sejak dini, maka sebagai orangtua kita bisa lebih tenang karena dana untuk pendidikan sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Kita tidak akan merasa kebingungan akan menggunakan uang apa saat nanti membutuhkan dana pendidikan untuk anak. Hal yang lebih rumit adalah saat kita memiliki anak lebih dari satu yang semuanya harus dipenuhi biaya pendidikannya.

3. Biaya pendidikan yang mahal membuat kita perlu mempersiapkannya sejak dini

Semua orangtua tentu akan memberikan fasilitas yang terbaik untuk anak-anak mereka. Saat anak Anda harus masuk sekolah international atau jurusan yang berbiaya mahal seperti kuliah di luar negeri atau jurusan kedokteran. Sangat berat mengeluarkan biaya tersebut, jika Anda tidak mempersiapkannya sejak dini.

4. Jangan disimpan dalam bentuk tabungan

Seperti yang kita ketahui, tabungan yang ada di Indonesia memberikan tingkat bunga yang sangat rendah dan berada di bawah laju inflasi. Sehingga sangat tidak cocok untuk digunakan sebagai tempat untuk menyimpan dana pendidikan anak kita.

Solusinya adalah kita bisa menggunakan salah satu instrumen investasi yang bisa memberikan imbal hasil yang sepadan dan tentunya sesuai dengan syariat Islam. Salah satu instrumen investasi tersebut adalah reksadana syariah yang sudah banyak tersedia dan bisa kita gunakan.

Hal yang membuat reksadana banyak disukai oleh masyarakat dikarenakan modal yang diperlukan untuk berinvestasi disini terbilang rendah yaitu hanya Rp 100.000 saja. Nah kita bisa lakukan ini dengan rutin untuk menyisihkan pendapatan yang dimiliki ke dalam instrumen reksadana syariah.

Lakukan sejak anak-anak masih kecil dan persiapkan dengan segera.

Tabungan pendidikan harus dipersiapkan sejak dini agar dana yang diperlukan untuk membiayai pendidikan anak-anak tersedia dan tidak terlalu repot memikirkan uang untuk pendidikan anak di kemudian hari.

Semoga bermanfaat ya, Bunda an selamat mencoba!

2 COMMENTS