Rafathar, Film Seru di Bulan Agustus 2017

0
411

 

Ayah-Bunda, anak-anak tentu butuh sekali dengan hiburan. Kalau pekan kemarin sudah jalan-jalan, shopping atau ke luar kota, coba deh pekan ini ke bioskop. Ada yang lagi seru, yaitu film RAFATHAR. Kisah bocah ajaib yang memiliki kekuatan super. Mulai tayang 10 Agustus 2017.

Dibintangi lansung oleh Rafathar Malik Ahmad anak dari pasangan selebriti Rafi Ahmad dan Nagita Slavina film ini sengaja dikemas bergenre adventure dengan sentuhan komedi dan action sehingga Ayah-Bunda yang nemenin anak-anak nonton pun jadi ikut terhibur.

Film ini memang sedikit mirip seperti film Baby’s Day Out, tapi ini sangat berbeda. Ceritanya lebih segar dan berlatar belakangan modern. Lalu efek visual yang digunakan pun terlihat lebih canggih dan cukup memanjakan mata.

Di film ini diceritakan ada dua orang pria bayaran alias penjahat ingin menculik Rafathar seorang anak yang diadopsi oleh keluarga kaya. Kedua orang itu diperankan lansung oleh Raffi Ahmad dan Babe Cabita. Dengan berbagai cara mereka ingin menculik Rafathar dan menyerahkannya ke bosnya.

Ketika mereka bertemu dengan Rafathar kedua penculik itu dibuat terkejut dan ternganga melihat Rafathar yang memiliki kekuatan super. Kedua penculik itu kemudian mendapatkan serangan bertubi-tubi dari Rafhatar, mulai dari pisau, sendok dan garpu terbang, guci terbang, hingga Rafathar mampu berlari kencang ke luar rumah, memanjat gedung hingga ke tengah kota.

Para penculik tidak berputus asa. Mereka terus mengejar Rafathar. Namun mereka dihadapkan kenyataan bahwa Rafathar berubah menjadi robot yang memiliki kekuatan yang jauh lebih super dari apa yang mereka bayangkan selama ini. Rafathar kemudian berusaha melumpuhkan kedua penculik itu hingga babak belur.

Namun cerita tidak berakhir sampai di situ, ada penjahat lain yang lebih kuat yang harus dihadapi oleh Rafathar. Sehingga kedua orangtuanya (diperankan oleh Arie Untung dan Nur Fazura) memanggil polisi dan meminta bantuan detektif (diperankan oleh Nagita Slavina) untuk menemukan anaknya yang hilang.

Bum…bum… Film ini benar-benar akan membuat Ayah-Bunda dan anak-anak terhibur puas. Tingkah polah Rafathar yang menggemaskan, suaranya yang khas, penculik yang ceroboh, hingga efek visual yang canggih membuat film ini terasa sedang menonton perpadaun petualangan seru Pirates of the Caribbean dan Drunken Master versi anak-anak.

Film Hiburan Anak

Boleh dibilang film anak saat ini menjadi film yang langka di Indonesia. Kehadiran Rafathar sangat tepat di tengah anak-anak Indonesia yang banyak membutuhkan hiburan terutama film, karena selama ini pelaku film tanah air belum begitu melirik pasar anak-anak dan keluarga.

Nah, selaku penulis saya mengamati Rafathar sebagi salah satu film anak yang cukup menghibur. Alasannya pertama apabila dilihat dari sisi cerita penculik dan bagaimana Rafathar berusaha melarikan diri. Di frame-frame ini emosi penonton akan diobok-obok oleh konflik yang cukup panjang dan bertingkat-tingkat. Penonton akan dibawa oleh Rafathar dan penculik berpetualang keliling kota. Kedua dari sisi action Rafathar seperti mimik wajah, pergerakan tangan, kaki dan suaranya, kombinasi ini menjadi daya tarik film dan membuat film ini menjadi natural dan lucu. Ketiga tentu dari sisi efek visual yang membuat kita akan berdecak kagum melihat Rafathar bisa melewati pinggiran gedung dengan santainya dan hal-hal yang tidak terduga lainnya.

Raffi Ahmad selaku produser bersama Anggi Umbara mengakui bahwa ia memberanikan diri membuat film anak ketika para pelaku film yang lain belum begitu antusias untuk menggarapnya. Mereka berharap film ini bisa menjadi film box office di tanah air.

Di lain sisi saya sangat menyangkan kenapa film ini tidak diluncurkan lebih cepat ketika anak-anak liburan sekolah. Mungkin itu waktu yang cukup tepat untuk merilis sebuah film yang bertema anak dan keluarga, karena pada saat itu para keluarga punya banyak waktu luang. Selamat menonton dan selamat bersenang-senang!