7 Aktivitas Agar si Kecil Tak Bosan #DiRumahAja, Coba Yuk Bunda

0
523
Di Rumah Aja

Terhitung sejak tanggal 16 Maret 2020, sejumlah sekolah di tanah air mulai diliburkan dan kegiatan belajar dialihkan di rumah untuk mengurangi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Bukan hal yang salah jika si kecil mulai merasa bosan karena kecenderungan anak yang memang memiliki rasa ingin tahu tinggi serta selalu ingin mengeksplorasi hal-hal disekitarnya.

Nah, Bunda jangan bingung, berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh si kecil yang InsyaAllah tetap memberikan manfaat bagi tumbuh kembangnya. Simak yuk!

1. Ajak si Kecil Baca Buku 

Membaca buku adalah salah satu pilihan terbaik untuk mengisi waktu si kecil di rumah. Ada banyak buku yang bisa bunda siapkan untuk menemani si kecil, dari buku dongeng, fiksi, ensiklopedia atau buku-buku sirah nabawiyah.

Agar si kecil tidak cepat merasa bosan, Bunda perlu memperhatikan buku-buku yang dipilih untuk si kecil. Anak-anak cenderung menyukai buku dengan visualisasi yang menarik dan tidak terlalu tebal. Nah, bunda dapat mendampingi si kecil ketika membaca buku dengan cara menceritakan (story telling) kepada anak atau meminta anak untuk menceritakan kembali apa yang telah dibaca.

Bunda juga dapat memberikan kuis atau pertanyaan-pertanyaan kecil untuk memastikan si kecil telah memahami dengan baik. Menurut sejumlah penelitian, membaca buku memiliki banyak manfaat diantaranya memperbanyak kosakata, melatih anak berimajinasi dan yang terpenting adalah menciptakan hubungan yang lebih dekat baik secara fisik maupun emosional antara bunda dan si kecil.

2. Membuat kerajinan tangan

Membuat kerajinan tangan merupakan salah satu aktivitas yang dapat melatih kreatifitas si kecil. Bunda tidak perlu membuat kerajinan tangan yang terlalu sulit, karena pada dasarnya membuat kerajinan tangan adalah aktivitas yang menyenangkan, jadi jangan sampai si kecil merasa stres ketika tidak mampu menyelesaikannya.

Bunda dapat menggunakan bahan-bahan yang sudah ada dirumah seperti barang-barang bekas, misalnya botol, kardus atau kertas bekas. Biarkan si kecil berkreasi dengan imajinasinya sendiri. Namun sebelumnya bunda dapat memberikan beberapa contoh kerajinan tangan yang dapat di buat. Tetap dampingi si kecil, arahkan ketika mengalami kesulitan dan berikan apresiasi ketika si kecil berhasil membuat kerajinan tangan miliknya.

3. Membersihkan ruangan di dalam rumah

Bunda pasti ingin si kecil menjadi anak yang mandiri dan bertanggung jawab bukan? Ya, ini salah satu aktivitas yang dapat melatih kedua hal tersebut. Bunda dapat meminta kepada si kecil untuk membantu membersihkan rumah seperti menyapu, mengelap lemari, membersihkan kamar tidur, menyapu halaman dan sebagainya.

Aktivitas ini dapat dilakukan ketika waktu senggang seperti akhir pekan dan baiknya setiap anggota keluarga turut berperan sehingga tidak ada alasan si kecil untuk tidak mau melakukannya.

Setiap anggota keluarga diberikan tugas untuk membersihkan bagian-bagian didalam rumah sehingga rumah menjadi bersih dan nyaman selama dirumah aja. Selain itu, dengan adanya aktivitas ini, dapat memupuk kemandirian dan rasa tanggung jawab pada si kecil untuk ikut menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama.

4. Merapikan dan mendekorasi kamar tidur

Kamar tidur merupakan tempat untuk beristirahat . Kegiatan belajar anak yang dialihkan di rumah membuat anak menjadi lebih sering berada di rumah dan di kamar tidurnya. Oleh karena itu, bunda dapat meminta kepada si kecil untuk merapikan atau menghias kamar tidurnya, seperti mengubah posisi tempat tidur, lemari atau barang-barang lain agar tercipta suasana baru di dalam kamar.

Jika memungkinkan, mengganti warna cat kamar juga mampu membuat suasana di dalam kamar menjadi lebih fresh. Selain itu, barang-barang yang belum rapi seperti buku-buku yang berserakan atau baju-baju yang berantakan di dalam lemari juga dapat dirapikan terlebih dahulu sehingga kamar si kecil terasa lebih rapi dan nyaman untuk beristirahat selama dirumah aja.

5. Olahraga

Olahraga menjadi salah satu aktivitas favorit yang dapat dilakukan selama di rumah. Terlebih, olahraga merupakan aktivitas yang dapat menyehatkan tubuh ditengah pandemi virus Covid-19 ini.

Olahraga dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga dapat meminimalisir terjangkitnya virus. Dikutip dari tirto.id, penelitian menunjukkan bahwa olahraga meningkatkan jumlah sel pembunuh alami pada orang dewasa dan aktivitas teratur dapat memberi manfaat bagi anak-anak dengan cara yang sama. Demikian kata Ranjit Chandra, M.D., seorang ahli imunologi pediatrik di Memorial University of Newfoundland.

Nah bunda, ada banyak olahraga yang bisa dilakukan bersama di kecil selama di rumah seperti , jogging atau berlari di sekitar pekarangan rumah, bermain bola atau berenang. Bagi bunda yang suka melakukan Yoga di rumah, juga bisa loh mengajak si kecil untuk ikut melakukan Yoga karena juga bermanfaat untuk si kecil, salah satunya untuk meningkatkan konsentrasi si kecil saat belajar.

6. Menghafal surah-surah Al Quran

Bunda pasti ingin kan si kecil menjadi penghafal Al Quran? Nah, bunda dapat mendampingi si kecil untuk menghafal surah-surah Al Quran selama di rumah sebagai salah satu langkah awal bunda mengantarkan si kecil menjadi penghafal Al Quran.

Bagaimana caranya? Bunda dapat meminta si kecil untuk menghafal dari surah yang paling mudah, yaitu Al Fatihah. Setelah itu, bunda juga dapat menentukan target hafalan si kecil setiap harinya. Setiap selesai menghafal, bunda dapat meminta si kecil untuk mengulangnya kembali dan mengoreksi saat ada yang salah.

Jangan lupa bahwa si kecil akan lebih bersemangat jika ada contoh figur yang bisa dilihat. Lakukan bersama dengan si kecil karena orangtua adalah figur favorit yang sering dicontoh oleh anak-anak.

7. Bermain dan Mengobrol bersama Super Hafiz

Nah bunda, ini aktivitas yang tidak kalah seru dengan aktivitas lainnya. Bunda pasti sudah tahu kan produk terbaru dari Al Qolam? Ya, Super Hafiz.

Boneka Super Hafiz merupakan mainan edukasi islam dengan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dirancang untuk berinteraksi dengan anak sebagai teman belajar, mengobrol dan bermain.

Ada banyak konten seru didalamnya yang dapat menemani si kecil selama dirumah aja, diantaranya anak dapat melatih kemampuan pemecahan masalahnya dengan bermain teka-teki, selain itu anak juga dapat melatih kemampuan berkomunikasi dan mengekspresikan perasaannya dengan konten curhat bersama super hafiz.

Tidak ketinggalan konten-konten islami yang akan selalu menemani si kecil belajar banyak hal mengenai islam. Jadi, walaupun dirumah aja, si kecil tetap dapat menjadi anak yang cerdas dan sholeh bersama super hafiz.

Nah, bagaimana bunda? Aktivitas-aktivitas di atas dapat dilakukan selama pandemi Covid-19 ini dan akan lebih baik jika dilanjutkan menjadi kebiasaan si kecil karena masing-masing aktivitas memiliki manfaat untuk tumbuh kembang si kecil. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ya bunda dan tidak lupa, kita selalu berdoa semoga pandemi ini segera berlalu. Aamiin. Semoga bermanfaat.