Berbagi Cerita Dan Cinta Lewat Mendongeng

2
2301

4 tahun yang lalu Allah SWT. telah menitipkan amanahNya pada rahimku berupa janin kecil yang telah 9 bulan kami tunggu dengan ikhtiar, do’a dan tawakal, mungkin ini penantian yang memang tidak begitu lama dibanding calon ayah dan ibu lainnya…yakinlah bunda apapun dan kapanpun takdir Allah SWT. itulah yang terbaik bagi hambaNya.

Sebagai calon ibu tentu banyak yang harus dipersiapkan, mulai dari keperluan sikecil hingga pengetahuan dan wawasan orangtua untuk menjaga, merawat serta mendidik sang buah. Sejak dalam kandungan bunda senang sekali mengajak kaka berbincang-bincang, biasanya setelah menunaikan ibadah shalat subuh bunda biasakan senam ringan untuk ibu hamil dan dilanjut jalan-jalan pagi sekitar lingkungan rumah sambil ngobrol dan mengelus-elus perut diselingi nyanyi-nyayian ceria atau sekedar mengenalkan benda-benda  yang bunda lihat.

Membangun kelekatan dengan sang buah hati bisa dimulai sejak ia berada dalam kandungan ya bunda, bisa lewat mengobrol santai seperti cerita saya tadi, memberikan ASI dan dengan cara mendongeng.

Mendongeng adalah sebuah kegiatan dengan cara bercerita yang tujuannya untuk hiburan tentang kejadian-kejadian nyata maupun imajinatif yang dapat diambil hikmah dari cerita tersebut dengan melibatkan gesture tubuh, vokalisasi, musik, atau gambar untuk memberikan kehidupan pada cerita. Mendongeng merupakan aktivitas belajar dan melatih aspek emosional dalam kehidupan anak-anak.

Mendongeng bisa menjadi aktivitas berkomunikasi kita dengan anak dengan cara yang menyenangkan, karena anak terlibat langsung dengan cara bermain peran.

Beberapa manfaat dari kegiatan mendongeng :

  • Memperkuat ikatan batin; dengan mendongeng menjalin keakraban satu sama lain
  • Salah satu media dalam menanamkan nilai dan etika kepada anak
  • Memperkenalkan bentuk emosi dari peran yang dimainkan oleh tokoh dongeng
  • Memperbanyak kosakata
  • Merangsang daya imajinasi; bunda bisa membuat cerita singkat dan pandulah anak untuk melanjutkan cerita tersebut berdasarkan imajinasinya
  • Mengenalkan budaya lewat cerita yang dibangun

Seringkali kita dibingungkan ingin mendongeng apa dan bagaimana ya mendongengnya, ga perlu bingung bunda…karena mendongeng bisa dilakukan dengan berbagai media. Diantaranya adalah ;

  1. Mendongeng dengan alat peraga ; kita bisa mempersiapkan alat peraga sesuai dengan cerita yang ingin kita sampaikan. Contohnya :
    Bercerita tentang binatang laut menggunakan alat peraga yg dibuat daridari flanel dan stick kayu

    2. Mendongeng dengan cara bermain peran ; tokohnya di perankan oleh ibu, orangtua atau siapapun yang ingin ikut terlibat dalam cerita

    Bermain peran menjadi spiderman

    3. Mendongeng dengan membacakan buku ; buku bacaan bisa dipilih berdasarkan nilai dan visi yang ingin bunda tanamkan dalam keluarga

    Membaca buku bersama ayah

         Biasanya diwaktu santai atau menjelang tidur bunda sempatkan untuk membacakan buku kepada anak, sejak dalam kandungan hingga sekarang bunda masih suka membacakan buku, dengan harapan anak-anak sejak dini dan kelak nantinya akan gemar membaca.

  Tips memilih buku bacaan :

  • Pilihlah buku berdasarkan usia anak
  • pilihlah buku dengan gambar dan ilustrasi yang menarik
  • Untuk anak 0-3 tahun pilihlah buku dari dari bahan yang tidak mudah sobek atau bunda bisa menempelkan solatip pada ujung2 atau sudut yang biasa anak pegang agar tidak mudah sobek
  • Pilihlah buku dengan kalimat yang pendek dan gambar yang mendominasi halaman buku
  • Pilihlah buku dengan cerita yang menarik yang sedang disukai anak
  • Bawalah anak ke too buku dan biarkan anak memilih buku kesukaannya namun tetap dalam pengawasan
  • Pilihlah buku yang berkualitas, dalam arti dapat mengembangkan akhlak, karakter dan kecerdasan anak
  • Bacalah terlebih dahulu agar bunda tahu konten dari buku tersebut sebelum dibacakan kepada sikecil

Luangkanlah waktu setidaknya 20menit bersama anak ya bunda, agar anak merasakan kehadiran, kasih sayang dan cinta kita kepada mereka. semoga bermanfaat bunda…dan salam sayang untuk sikecil.

2 COMMENTS