Kota Profesi: Anak Anda Akan Senang Diajak ke Sini!

4
86

Hai Ayah Bunda, sudah pernah ajak anaknya ke sini belum? Kalau belum ini saya kenalkan, Kidzania, sebuah theme park atau kota kecil tempat bermain anak-anak yang memadukan unsur pendidikan dan hiburan yang pertama di Asia Tenggara. Di sini anak-anak bisa diajak bermain sambil belajar mengenalkan berbagai hal tentang dunia profesional sejak dini.

Beralamat di pusat kota Pacific Place, Jakarta Selatan, Kidzania ramai sekali loh dikunjungi banyak anak-anak dari mana-mana. Bahkan ada yang sengaja datang dari luar daerah untuk bermain ke Kidzania.

Arena permainan ini memang sangat menarik, dirancang khusus menyerupai replika sebuah kota yang berukuran 7500 m2 yang dilengkapi dengan jalan raya, fasilitas rumah sakit, supermarket, salon, theater, pabrik-pabrik dan masih banyak lagi hal-hal yang menarik lainnya.

Sumber Gambar: www.specindo.com

Nah, di kota ini semua pengunjung (khusus) anak-anak bisa memainkan peran atau profesi orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, tentara, polisi, juru masak, ilmuwan, pegawai, pemadam kebakaran, presenter, dan lebih dari 100 profesi lainnya dengan peralatan modern yang lengkap. Di setiap stand profesi akan disiapkan beberapa orang pemandu yang ramah yang akan menjelaskan bagaimana cara memainkannya.

Ada 4 Area Bermain

Kidzania memiliki 4 tempat area bermain yang dipisah sesuai dengan peruntukannya masing-masing, yaitu:

  • Airport – Area pintu masuk, anak-anak akan diajak naik pesawat untuk menuju ke Kidzania dan cek immigration department.
  • Pusat Kota – Tempat berbagai macam permainan peran profesi.
  • Pinggiran Kota – Lokasi industri.
  • Area Balita – Area bermain anak-anak usia dibawah 4 tahun.

Belajar Sambil Bermain

Dengan fasilitas-fasilitas lengkap yang disiapkan Kidzania tentu anak-anak Ayah-Bunda akan belajar banyak hal sambil bermain.

Ketika pertama kali masuk anak-anak akan dikenalkan dunia immigration department, di sana mereka akan mendapatkan gelang tanda pengunjung dan dibekali satu buah cek yang harus diuangkan di Bank sebagai alat untuk bisa bermain dan berbelanja di arena Kidzania. Anak-anak harus menukarkan uang sendiri ke bank secara mandiri, orangtua hanya sebagai pendamping. Di sini anak diajarkan tentang kemandirian.

Selain itu ketika anak-anak ingin memesan taxi, maka mereka dituntut untuk belajar memesan sendiri dan berkomunikasi dengan operator dengan jelas. Atu ketika mereka ingin menyetir mobil atau mau bermain balap, anak-anak harus mengurus SIM di tempat yang sudah disiapkan. Nah, melalui model permainan ini KidZania memberikan pelajaran tentang keterampilan di bidang sosial, komunikasi, bahasa dan disiplin.

Selain itu KidZania juga mendorong anak-anak untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain seperti dalam permainan menjadi petugas pemadam kebakaran, presenter, pembaca berita atau menjadi anggota DPR. Mereka belajar menerima dan menegosiasikan tanggung jawab dan peran yang berbeda, serta menghargai keputusan orang lain.

So, anak-anak yang bermain di KidZania akan menikmati bermain peran dan berakting saat melakukan profesi yang beragam, di saat yang bersamaan apa yang mereka lakukan itu sangat menunjang untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar dan halus mereka.

Dengan melakukan banyak aktivitas di KidZania membuat anak-anak mulai mengobservasi, menemukan dan melakukan pekerjaan-pekerjaan, serta berlatih memecahkan masalahnya secara mandiri. Itu tentunya akan sangat berkesan dalam ingatannya hingga di masa depan.

Nah, keren sekali kan, Ayah Bunda. Kalau punya niat ingin berkunjung ke sana, Ayah Bunda harus siapkan ini list biaya tiket masuk yang harus dibayarkan sesuai usia. Kidzania buka setiap hari pukul 09.00 – 20.00 untuk Weekend. Selamat bermain sambil belajar untuk buah hatinya…

Anak  [4 – 16 tahun] Rp. 150.000
Dewasa  [17 – 64  tahun] Rp. 100.000
Batita [2 – 3 tahun] Rp. 50.000

 

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here