Menyanyi Bukan Hal Sepele, Ini Manfaatnya Untuk Anak

0
38

Hampir setiap anak menyukai bernyanyi, bukan? Banyak orangtua pun mengajari dan mengajak mereka menyanyi bahkan ketika mereka masih berusia bayi.

Namun, banyak orangtua menganggap aktivitas menyanyi bagi anak hanya sebagai hiburan atau untuk menarik perhatian si Kecil saja. Faktanya, banyak manfaat yang didapat ketika si Kecil menyanyi lho, Bun.

  • Belajar dan memahami hal baru

Lewat lagu, anak bisa belajar berbagai hal. Misanya seperti lagu-lagu yanga ada dalam Hafiz Talking Doll, Smart Hafiz, atau Animal Series. Lagu-lagu dalam mainan tersebut mengajarkan anak memhami kisah sejarah seperti cerita burung hud-hud, pasukan gajah, dan sebagainya.

Lagu-lagu tersebut juga mudah untuk diingat anak dan untuk belajar mengingat sesuatu seperti lagu belajar huruf hijaiyah. Doa-doa harian yang dilagukan juga lebih mudah untuk dihafalkan dipahami anak.

Dibanding hanya dengan pengucapan biasa, menurut pakar, lagu lebih mudah diingat dan terendap dalam memori anak. Sehingga ia akan mengingat sesuatu lebih lama dengan lagu, dibanding dengan kata-kata saja.

  • Menguatkan rasa percaya diri

Hampir setiap anak sangat menyukai bernyanyi. Berikan kesempatan pada mereka untuk berekspresi dengan menyanyi. Saat ia bernyanyi ikut mereka bernyanyi atau minimal jangan mengolok suara mereka.

Ini adalah bentuk menghargai apa yang dilakukan si Kecil. Nah, ini bisa menguatkan rasa percaya diri anak ketika mengekpresikan banyak hal di depan orang lain.

  • Meningkatkan kemampuan verbal

Untuk si Kecil yang sedang belajar berbicara, di usia 3 tahun pertamanya, menyanyikan lagu-lagu sederhana bisa menambah kosakata si Kecil. Dari setiap lagu yang dinyanyikan, si Kecil bisa belajar 5-8 kosakata baru setiap harinya. Jika kosakata si Kecil semakin bertambah, kemampuan verbal atau kemampuan si Kecil untuk mengucapkan sesuatu pun bisa semakin meningkat.   

  • Anak jadi lebih aktif

Saat bernyanyi, anak pasti akan menyelinginya dengan berbagai gaya dan gerakan, sambil kesana-kemiri, sambil berjoget, dan lain-lain sebagai bentuk ekspresinya. Dari sisi kesehatan, dengan banyak bergerak dan aktif anak menjadi lebih sehat baik secara fisik maupun psikis.

Mainananak seperti  Smart Hafiz, memfasilitasi anak-anak selain untuk belajar, mendengarkan murottal dan muroja’ah bacaan Al Quran. Juga sebagai media bagi anak untuk berekspresi dengan bernyanyi dan menari. Ini yang akan memicu anak untuk aktif bergerak.

  • Sarana bagi orangtua mengamati perkembangan anak

Ketika anak bernyanyi dan menari, kita bisa melihat perkembangan anak dan responnya terhadap sesuatu seperti perkembangan verbal, pendengaran, motorik, peniruan, dan cara belajar anak. Misal ketika mereka melafalkan 2-3 kata atau menggerakan tangannya, apakah ada yang aneh ketika kita melihatnya. Jika ada yang aneh dari anak, kita bisa lebih cepat mengetahui dan melakukan observasi lebih dalam terhadap perkembangan anak.