Sunnah Nabi yang Dilakukan Setelah Anak Lahir

2
6308

Kelahiran anak merupakan kabar gembira untuk para orang tua sehingga beberapa orang tua mungkin sudah memiliki persiapan yang sangat matang dalam menyambut kelahiran anaknya. Dari hal peralatan dan perlengkapan untuk si bayi hingga kebutuhan makanannya.

Sebagai umat Rasulullah SAW kita perlu melakukan hal-hal yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW yang dilakukan setelah anak lahir, diantara sunnahnya antara lain:

1. Memperdengarkan Adzan dan Iqamah pada kedua telinga bayi

Ketika bayi baru lahir bayi seperti kertas yang belum terdapat tulisan, sehingga upaya kita sebagai orangtua agar anak kita menjadi pribadi yang baik, soleh dan solehah yaitu dengan memberikan hal yang baik dalam mengawali kehidupan dunia anak kita. Memperdengarkan Adzan dan Iqamah pada anak yang baru lahir pun merupakan sunnah Nabi sebagaimana hadits dari ‘Ubaidillah bin Abi Rofi’, dari ayahnya (Abu Rofi’), beliau berkata,

رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَذَّنَ فِي أُذُنِ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ حِينَ وَلَدَتْهُ فَاطِمَةُ بِالصَّلَاةِ

“Aku telah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengumandangkan adzan di telinga Al Hasan bin ‘Ali ketika Fathimah melahirkannya dengan adzan shalat.” (HR. Ahmad, Abu Daud dan Tirmidzi)

2. Memberi nama yang terbaik untuk anak

Nama adalah do’a, jadi berikanlah nama yang terbaik untuk anak kita sebagai do’a yang terbaik pula untuk anak. Dan juga nama tersebut sebagai identitas anak kita agar anak kita memiliki panggilan yang baik sehingga tidak sebagai ejekan dan cemoohan.

Nabi Muhammad SAW mencontohkan dengan memberi nama anak-anak beliau dengan nama yang baik sebagai do’a yang baik. Dari Abu Dawud, dengan isnad yang shahih dari Abu Darda’, ia berkata bahwa Rasululullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan menggunakan nama-nama kalian dan dengan nama-nama bapak kalian, maka baguskanlah nama-nama kalian.”

3. Mencukur rambut anak dan bersedekah

Salah satu sunnah Nabi lainnya yaitu mencukur rambut dan bersedakah sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Fathimah saat ia melahirkan Al Hasan:

يَا فَاطِمَةُ اِحْلِقِيْ رَأْسَهُ وَتَصَدَّقِيْ بِِزِنَةِ شَعْرِهِ فِضَّةً

“Wahai Fathimah! Cukurlah rambutnya dan bersedekahlah sesuai berat rambutnya dengan perak.” (HR. Ahmad, Malik, Tirmidzi, Hakik, dan Baihaqi, dihasankan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahih at-Tirmidzi no. 1226)

4. Melaksanakan Aqiqah

Aqiqah adalah pengurbanan hewan dalam syariat islam sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran seorang anak. Aqiqah juga sunnah yang di anjurkan oleh Nabi Muhammad SAW Sebagaimana sabda Nabi shallalllahu ‘alaihi wa sallam :

“Setiap anak yang baru lahir tergadai dengan aqiqahnya, (sampai) disembelihkan (aqiqah) itu untuknya pada hari ketujuh, dicukur rambutnya dan diberi nama.” (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi, An Nasa’i, dan Ibnu Majah. Dishahihkan oleh Al-Albany).

Penjelasan di atas merupakan beberapa sunnah yang diajarkan oleh Nabi setelah kelahiran seorang anak. Itu sebagai ungkapan rasa syukur kita atas kelahiran anak tersebut dan agar anak kita menjadi anak yang soleh solehah.

Untuk sunnah harian nabi lainnya terdapat pada aplikasi Alqolam yang bisa diunduh di Playstore atau Appstore. Di sana terdapat fitur yang mengingatkan (alarm) kita untuk melakukan sunnah sehari-hari. Termasuk, dalil-dalil tentang sunnah sehari-hari sebagai pedoman kita dalam melakukan sunnah tersebut.

Aplikasi Al Qolam juga bisa diunduh dengan scan barcode berikut ini:

2 COMMENTS