Inilah 5 Aktivitas Selama Ramadhan yang Bisa Menjadi Kebiasaan Baik Anak

0
282
aktivitas ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat islam sejati. Di bulan ini semua amal kebaikan dilipat gandakan. Inilah bulan yang tepat untuk membuat kebiasaan baik bagi kita dan si Kecil.

Untuk anak yang sudah mulai belajar berpuasa tentu sebaiknya memiliki jadwal berbeda dengan hari-hari biasa. Ayah dan Bunda sebagai orangtua harus memanfaatkan bulan Ramadhan dan mengisi hari-harinya dengan segudang aktivitas yang bermanfaat yang akan menjadi kebiasaan baik meski nanti bulan Ramadhan sudah berakhir.

Coba terapkan kebiasaan baik di bawah ini:

1. Bersabar dalam menghadapi cobaan

Mengajarkan anak untuk memiliki sifat sabar sebenarnya tidak harus di bulan Ramadhan, tapi ada baiknya mulai mengajarkan kesabaran pada anak di bulan ini. Ayah dan Bunda bisa memberikan contoh yang sederhana. Misal, saat sedang berbaris untuk mengantri wudhu katakan dan contohkan padanya harus sabar menunggu antrian tersebut.

Ini salah satu hal kecil yang bisa anak contoh. Selain itu, saat akan menjelang berbuka puasa juga harus bisa memberi contoh untuk bersabar menunggu waktu tersebut.

2. Tadarus setelah sholat terutama sholat subuh dan maghrib

Tadarus saat bulan Ramadhan sebaiknya dilakukan terus menerus setiap selesai solat dan di waktu longgar. Tapi untuk awal, Ayah dan Bunda bisa mengajak anak tadarus di dua waktu yang tepat yaitu setelah solat subuh dan juga maghrib. Mungkin Bunda juga bisa menggunakan metode 3 Cara Mudah Menghafal Surat-Surat Al Quran ini. Jika ingin si Kecil menjadi seorang hafidz atau hafidzah.

Kenapa harus di waktu ini? Karena saat setelah subuh, adalah waktu yang tepat untuk otak bekerja karena pikiran masih segar dan mudah fokus. Saat setelah maghrib pula, waktu yang tepat sambil menunggu waktu sholat Isya.

3. Mengatur pola tidur anak

Saat berpuasa, tentu badan akan merasa lemas tidak bertenaga. Anda pasti pernah dengar ungkapan seperti ini “tidurnya orang berpuasa adalah pahala”. Nah ini menjadi alasan kuat Ayah dan Bunda saat ditanya oleh sang anak kenapa harus tidur siang. Selain itu bisa menjadi waktu yang tepat untuk kita membiasakan anak tidur siang.

Selain si Kecil masih membutuhkan tidur yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangannya, tidur di siang hari juga bisa mengurangi rasa lapar dan lemas selama berpuasa seharian. Ini akan sangat membantu kelancaran puasa si Kecil.

4. Mengatur pola makan anak

Pola makan yang baik harus dijaga saat bulan Ramadhan. Ini sangat rawan terlebih lagi saat berbuka puasa. Sebaiknya Anda sebagai orangtua harus membiasakan anak Anda berbuka dan makan dengan sederhana.

Saat berbuka biasakan terlebih dahulu meminum air hangat dan juga kurma. Setelah itu barulah makan makanan berat yang sehat bergizi agar tubuh kuat menjalani ibadah puasa keesokan hari.

5. Membiasakan diri untuk mengikuti berbagai kegiatan islami

Nah, si Kecil juga harus diajak untuk mengikuti berbagai kegiatan bulan Ramadhan seperti kultum, kuliah subuh, pengajian, dan kegiatan lainnya.  Ini akan menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan jika sudah terbiasa melakukannya saat bulan puasa.

Selain bermanfaat untuk meningkatkan ilmu agamanya, juga memberikan si Kecil kesempatan berinteraksi dengan orang lain yang bahkan belum dia kenal sebelumnya.

Anak yang selalu memiliki kebiasaan baik tentu akan memiliki akhlak yang baik juga. Kelak dia akan menolong Ayah dan Bunda-nya saat di akhirat. Jadi jangan sia-siakan bulan Ramadhan yang akan segera datang. Ajak anak Anda untuk melakukan beribu kebaikan dan jadikan itu sebagai kebiasaan sehari-hari.

Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa untuk semua. Terima kasih, jangan lupa pantau artikel yang selanjutnya ya. Akan ada banyak informasi penting lainnya.