4 Cara Ajarkan Anak Balita Mengenal Huruf Hijaiyah

1
111
belajar huruf hijaiyah

Mengaji adalah hal paling penting bagi perkembangan anak. Oleh sebab itu sebaiknya para orangtua melakukan pengenalan huruf hijaiyah sejak balita. Tujuannya agar anak dengan rentan usia 1 sampai 3 tahun mudah memahami dan mengenal berbagai huruf hijaiyah. Pada masa balita inilah tumbuh kembang dan daya ingat anak mulai terbentuk.

Banyak para alim ulama zaman dulu menyarankan untuk mengajarkan anak mengaji sejak memasuki usia balita. Sehingga anak menjadi lebih terbiasa dan dengan cepat memahami Al-Quran saat beranjak dewasa. Sebab, mengenal huruf hijaiyah adalah salah satu nilai penting sebagai bekal anak menghadapi perkembangan zaman.

Mengajarkan ilmu agama merupakan kewajiban setiap orangtua. Sangat disayangkan jika para orangtua mementingkan ilmu-ilmu umum dan mengesampingkan pembelajaran alquran. Jika anda masih bingung bagaimana memperkenalkan anak huruf hijaiyah, simak ulasan berikut ini. Ada beberapa cara ajarkan anak balita mengenal huruf hijaiyah dengan mudah melalui permainan.

1. Melalui Mobil-mobilan 

Anak-anak baik anak laki atau perempuan pasti suka dengan model mainan mobil-mobilan. Ini mungkin menjadi mainan sepanjang masa untuk para anak-anak. Salah satu yang membuatnya menarik adalah bisa digerakan maju dan mundur dan anak-anak bisa berimajinasi dengan mobil-mobilan tersebut.

Nah, Al Qolam saat ini mempunya produk yang inovatif dari sebuah mobil-mobilan. Tidak hanya berbentuk mobil warna-warni yang pasti disukai anak-anak. Hafiz Cars, nama mobil-mobilan ini juga bisa digunakan untuk melatih anak belajar dan mengingat huruf hijaiyah.

Tentu saja, belajar menggunakan media mobil-mobilan akan menciptakan pengalaman yang menarik bagi si Kecil. Masing-masing karakter Hafiz Car mewakili 1 huruf hijaiyah.

Selain belajar huruf hijaiyah, dari Hafiz Cars, anak-anak juga bisa belajar mengenal binatang dan bahasa Arab dari setiap binatang tersebut. Karena masing-masing mobil berbentuk karakter binatang yang berbeda dan huruf hijaiyah yang ada di atap mobil mewakili huruf pertama dari kosakata bahasa Arab binatang karakter tersebut.

2. Permainan Kartu Magnet Huruf Hijaiyah

Media kartu dikenal sebagai bahan paling menarik. Terlebih lagi jika berwarna-warni dan memiliki banyak ukutan. Saat ini produsen mainan anak telah menginovasikan kartu menjadi permainan huruf hijaiyah. Penggunaan media ini lebih menarik minat anak, bahkan mampu mengeksplor daya ingat.

Manfaat lain dari penggunaan permainan kartu magnet adalah membentuk ketelitian balita. Berusahalah untuk mencontohkan pengelompokan huruf hijaiyah berdasarkan bentuk yang sama dan titik berbeda. Dengan begitu saraf motorik mereka juga terlatih untuk menulis huruf hijaiyah nanti.

3. Permainan Maze Huruf Hijaiyah

Mengasah motorik anak disinyalir mampu membuka katup otak dan membangun jaringan saraf. Sehinga pikiran balita anda lebih mudah menerima materi. Contohnya dengan membuat permainan memburu kartu-kartu huruf hijaiyah. Dapat dilakukan dengan berbagai gaya seperti menari, berlari, dan berputar.

Langkah pertama dengan menyiapkan 6 media yang berbentuk lingkaran hitam. Kemudian  pilih kartu huruf hijaiyah didalam kotak besar. Anda lalu memberikan arahan pada mereka untuk mengambil huruf hijaiyah yang disebutkan.

Selanjutnya anak akan mulai mencari kartu hijaiyah tersebut dengan melompat di atas lingkaran hitam. Tuntun mereka untuk  menghitung nomor 1- 6 hingga ke kotak besar yang isinya kartu hijaiyah. Anak yang mendapatkan kartu dapat berlari ke lingkaran hitam dan menghafalkannya kembali.

Permainan ini dinilai sangat menyenangkan karena balita akan bergerak lebih banyak. Selain itu, mereka akan melompan dan berlari sambil menghafalkan huruf yang dipegang.

4. Menggunakan Plastisin untuk membentuk Huruf Hijaiyah

Hampir semua anak-anak menyukai permainan plastisin karena dianggap sangat menyenangkan. Plastisin adalah salah satu media keterampilan tangan yang mudah dibentuk, warna-warni, dan aman digunakan.

Penggunaan adonan plastisin ini sangat menarik untuk membentuk huruf hijaiyah. Sangat efektif untuk diterapkan sebagai pembelajaran membuat huruf ف dan ق. Anda dapat mencontohkannya dengan membuat bentuk memanjang mirip ular. Lalu ujungnya diberikan lengkungan seperti kepala dan dua titik harokat seperti mata.

Cara ajarkan anak balita mengenal huruf hijaiyah dengan plastisin sangat baik. Medianya mudah didapatkan dan tidak mengeluarkan biaya yang besar.

 

1 COMMENT

  1. Terimakasih bnyk tipsnya bunda 🙏🙏
    InsyaAllah bermanfaat nih, apalagi pakai plastisin InsyaAllah anak akan happy bermain sambil belajar. Semoga kelak anak2 kita jd hafiz hafizoh ya bun aamiin 🙏 cuma kadang anakku umurnya 3thn 2bln msh bnyk main2nya kalo diajarin. Itu gmn ya cara ngadepinnya. Pdhl mamanya pengen bgt berlama2 ngajarin dia ngaji