8 Cara Alami Untuk Redakan Gejala Pilek pada Anak

3
664

Sedih rasanya saat melihat si kecil sakit akibat gejala pilek seperti batuk, hidung mampet, atau demam. Tahukah Ayah-Bunda, di luar sana ada lebih dari 200 jenis virus yang mengintai dan siap mengakibatkan pilek pada si buah hati, terlebih jika musim pancaroba mulai menghampiri.

Menurut para pakar kesehatan, virus penyebab pilek tidak bisa dihilangkan dengan bantuan obat, adapun obat yang banyak beredar di pasaran ditujukan untuk meredakan gejala yang menyertai pilek saja.

Cara terbaik untuk melawan flu adalah menjaga agar kondisi imunitas si kecil selalu berada dalam puncaknya. Berikanlah nutrisi cukup dan berimbang untuk menjaga kesehatanya. Jika pilek terlanjur menyerang, Ayah-Bunda tak perlu khawatir. Perawatan sederhana di rumah, biasanya penyakit tersebut akan hilang dalam waktu 4-10 hari tanpa harus minum obat kimia.

Tips sederhana merawat si kecil yang terkena pilek
1. Istirahat total. Tidur dan istirahat adalah obat manjur untuk mengusir virus penyebab pilek. Saat si kecil tertidur pulas, tubuh mereka akan memperbaiki sistem kekebalan tubuhnya sehingga mampu menangkal serangan pilek.
2. Uap hangat. Biarkan si kecil menghirup uap hangat untuk meredakan hidung tersumbatnya. Cara termudah adalah dengan menuangkan air mendidih di ember di kamar mandi sehingga uapnya memenuhi ruangan. Akan lebih bagus kalau ayah bunda memiliki alat pembuat uap (humidifier).
3. Banyak minum. Selain untuk menghindari dehidrasi, banyak minum dipercaya dapat menurunkan demam dan meredakan gejala pilek. Berikan si kecil minum air putih, susu, teh, atau jus buah. Hindari minuman bersoda karena dapat memperburuk kondisi radang tenggorokan mereka.
4. Sup ayam. Sup hangat tidak hanya lezat disantap tapi ternyata dapat meredakan gejala pilek terutama hidung mampet. Hasil sebuah penelitian juga mengungkap bahwa bahan-bahan pembuat sup ayam dapat meredakan peradangan pada tenggorokan yang biasa menyebabkan batuk.
5. Mandi air hangat. Seperti dikatakan orang tua jaman dulu, berendam air panas dapat meredakan demam karena pilek. Uap dari air hangat juga dapat membantu melapangkan pernafasan serta meredakan hidung tersumbat si buah hati.
6. Berkumur air garam. Menurut pada ahli, berkumur air garam dapat meredakan dan menurunkan resiko serangan pilek termasuk flu. Jika si kecil terkena pilek, coba ajarkan mereka berkumur dengan air garam. Campurkan ¼ sendok teh garam dapur dengan segelas air hangat, gunakan untuk berkumur.
7. Madu. Telah banyak penelitian yang mengungkap manfaat madu bagi kesehatan. Satu diantara sekian banyak manfaat madu adalah meredakan batuk pilek. Berikan si kecil satu sendok teh madu tiga kali sehari untuk meredakan gejala batuk pileknya.
8. Bawang putih. Saudara dekat bawang merah ini diketahui mengandung zat allicin, yaitu komponen alami yang mempunyai efek anti-bakteri. Gunakan bawang putih dalam makanan si kecil termasuk sup ayam hangat untuk mendapatkan manfaat kesehatanya.

3 COMMENTS