Makanan dan Minuman Untuk Menu Sahur dan Berbuka

6
122

Ketika berpuasa kondisi tubuh rehat sejenak dari segala aktivitas dan untuk  mengembalikan dalam kondisi prima. Kita harus memperhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Salah satunya mengonsumsi yang manis karena lebih mudah terserap oleh tubuh dan mampu mengembalikan kadar glukosa darah.

Berikut si manis yang menyehatkan untuk menemanimu sahur dan berbuka puasa:

TAKJIL

Bubur Kacang Hijau

Konsumsi bubur yang satu ini banyak keistimewaannya karena kandungannya. Beberapa khasiatnya mulai dari melancarkan pencernaan karena kaya akan serat, mampu menunda penuaan dini, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu menurunkan berat badan, mencegah kanker dan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh.

Kolak Ubi

Menu yang satu ini sangat populer ketika bulan Ramadhan tiba. Kolak yang umemiliki bahan dasar umbi-umbian ini sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Ubi mengandung vitamin A yang berfungsi sebagai superfood untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, vitamin C untuk  memperkuat tulang dan mampu menyembuhkan luka, kandungan kaliumnya dapat mempertahankan tekanan darah dalam tubuh dan  sebagai sumber serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Es Blewah

Buah yang satu ini tampak sangat mentereng di bulan Ramadhan, begitu banyak para pedagang buah menjajakan si buah blewah ini. Rasanya yang memberikan efek menyegarkan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Buah yang satu ini juga rendah gula dan kalori sehingga membantu menjaga tubuh tetap stabil, kaya kandungan, anti kolesterol dan sebagai penangkal insomnia.

Es Buah

Hidangan yang satu ini menyediakan beragam buah-buahan potong yang memberikan efek menyegarkan dan menyehatkan. Ragam buah-buahan yang dipilih disesuaikan dengan selera Ayah dan Bunda. Tetapi beberapa buah berikut seringkali dikonsumsi yaitu melon, apel, pepaya dan pisang yang masing-masing memiliki khasiat.

MINUMAN

Air Mineral

Air mineral merupakan pilihan terbaik dan menyehatkan untuk dikonsumsi karena dapat mengembalikan cairan yang hilang saat berpuasa.

Teh

Mengonsumsi teh dapat mengembalikan kadar gula dalam tubuh yang hilang saat berpuasa. Namun gunakan gula pasir secukupnya jangan berlebihan. Disarankan juga untuk dikonsumsi saat berbuka puas karena jika diminum saat sahur efek kafein dalam teh membuat tubuh cepat kekurangan air atau haus.

Jus Buah

Buah-buahan sangat baik untuk dikonsumsi karena kaya akan serat, selain itu kandungan vitamin yang ada pada buah sangat diperlukan oleh tubuh. Meskipun jus buah menyehatkan nikmati rasa aslinya dan gunakan gula secukupnya saja.

Air Kelapa Muda

Air kelapa muda mengandung cairan elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh dan membantu menggantikan ion-ion yang hilang selama berpuasa.

6 COMMENTS