6 Tips Agar Anak Balita Tidak Rewel Selama di Kampung Halaman

0
37
rewel

Bulan Ramadhan dan Idul Fitri identik dengan kegiatan mudik. Banyak manfaat didapat saat mengunjungi kampung halaman, salah satunya menjaga tali silaturahmi. Anda tidak perlu khawatir jika membawa balita dalam perjalanan yang cukup lama.

Hal yang wajar jika anak anda rewel dan menangis saat dalam perjalanan jauh. Apalagi berkendara dengan motor atau transportasi umum. Anak balita cenderung lebih mudah bosan dan lelah saat melakukan perjalanan jauh.

Itulah penyebab si kecil menjadi sangat rewel ketika sampai di kampung halaman. Mereka masih membutuhkan penyesuaian diri terhadap lingkungan dan suasana baru. Bunda harus selalu siap siaga menghadapinya. Agar si kecil tidak rewel saat berada di kampung halaman simak tips berikut ini.

1. Jangan Membawa Banyak  Barang

Jika tidak muat maka jangan memaksakan untuk membawa banyak barang. Anda harus pastikan ada cukup ruangan untuk si kecil bergerak. Letakkan barang di jok mobil dan jangan membuat kursi mobil penuh dengan banyak barang karena anak akan merasa tidak nyaman dan rewel di jalan.

2. Membawa Susu dan Cemilan  Balita

Saat berada di kampung halaman anak balita biasanya akan melakukan penyesuaian terlebih dahulu. Proses ini alamiah dan sangat wajar, terlebih lagi si kecil sedang dalam masa pertumbuhan. Agar buah hati anda tidak jatuh sakit dan bosan, maka cemilan yang biasa dikonsumsi. Misalnya, biskuit bayi, buah-buahan segar, roti lembut.

Perhatian si kecil akan teralihkan dengan banyak makan cemilan dan minum susu. Sehingga mereka tidak muah rewel karena perutnya telah terisi. Cemilan dan susu yang cukup juga berfungsi menjaga kesehatan balita. Anda tidak perlu terlalu khawatir mereka akan sakit karena diberikan asupan gizi yang memadai.

3. Membawa Mainan Anak

Barang yang tidak boleh ditinggalkan saat anda mudik bersama si kecil adalah mainan mereka. Bermain mainan akan membuat anak lebih ceria dan merasa nyaman, baik saat perjalanan maupun setelah sampai di kampung halaman.

Bawalah beberapa mainan kesukaan anak anda agar mereka merasa terhibur. Mainan dapat menjadi alternatif ketika si kecil bosan dan menangis. Cukup membawa mainan yang simple, ringan, dan aman untuk mereka. Anda juga dapat mengajak si kecil bermain agar mereka menjadi betah dan mudah menyesuaikan diri.

4. Berangkat Saat Malam Hari

Apabila jarak antara tempat tinggal anda dan kampung halaman cukup jauh sebaiknya mengawali perjalanan saat malam hari. Waktu malam hari sangat baik agar anak dapat beristirahan dan tertidur selama perjalanan.

Buah hati anda tidak akan merasa rewel karena sedang terlelap dalam tidurnya. Sampai keesokan paginya akan terbangun dengan perasaan yang baik. Umumnya melakukan perjalanan siang dan pagi hari dapat membuat si kecil mudah bosan dan lelah.

Faktor ini juga berpengaruh ketika telah sampai di kampung halaman anda. Jika si kecil sudah sangat rewel saat dalam perjalanan,  moodnya dapat bertambah buruk setelah sampai. Hal tersebut yang dijaga agar mereka tetap merasa nyaman dan segar.

5. Membawa Kantong Plastik

Kantong plastik adalah hal kecil dan sangat berguna bagi anda karena memiliki berbagai fungsi. Anda tidak akan repot saat membungkus makanan dan barang saat perjalanan. Kantong plastik juga dapat dijadikan wadah sampah, sehingga kendaraan anda tetap bersih dan nyaman bagi di kecil.

6. Pilihlah Tempat Area Bermain Dekat Rumah Anda

Selain membawa mainan untuk menghibur si kecil, ternyata area bermain sangat direkomendasikan. Tidak hanya orang dewasa saja yang dapat merasakan penat, buah hati andaa juga butuh melepaskan kepenatan dengan mengunjungi area bermain.

Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke Mall untuk mengajak mereka bermain. Cukup membawa ke taman dekat rumah anda di kampung halaman dapat dijadikan area bermain. Suasana yang tenang dan alami membuat si kecil nyaman berlama-lama di area taman tersebut.